Advertise Box

[ KHI ] Sejarah seorang wartawan,pembuat perubahan dan perkamusan.

 

Sekalipun   ia tidak pernah menulis kamusnya yang tersohor, Noah Webster(1758-1843) akan dianggap sebagai salah satu tokoh yang paling menarik dan berpengaruh dari hari-hari pertama republik negeri ini. Buku Ejaannya yang luar biasa populer diterbitkan dalam tahun 1783, terjual lebih banyak dalam abad ke-19 kecuali Injil. Promosi bukunya yang tanpa belaskasihan memelopori teknik-teknik umum sekarang seperti perjalanan keliling pengarang, pujian mengenai buku pada kulit sampulnya yang dikarang-karang dan menyalakan persengketaan tentang yang dibuat. 
 
Usahanya untuk melindungi karyanya dari pembajakan memberikan sumbangan kepada perkembangan undang-undang hak cipta negeri ini. Dalam tahun 1793 ia mendirikan Minerva, delapan tahun sebelum Alexander Hamilton mulai dengan Post. Ia membantu mendirikan sekolah tinggi Amherst.  Namun dengan segala pencapaiannya, Webster khususnya juga tidak disukai . Angkuh , bersikap merendahkan. tidak menyenangkan hati dan tuli terhadap masyarakat, ia menjauhkan dan menghina teman-temannya, sekutu-sekutu politiknya dan hubungan-hubungan profesional yang kuat.
 
Dengan buku  "Bapak Pendiri Yang Terlupakan," wartawan bebas Joshua Kendall memberikan kepada kita suatu riwayat hidup yang lincah dan penuh wawasan, gambaran terbaik yang kita miliki tentang sifat Webster yang rumit.  Webster dilahirkan dalam suatu keluarga  yang berakar dalam, sederhana - ayahnya adalah keturunan John Webster, gubernur negarabagian CT, dan ibunya berasal dari William Bradford dari Plymouth. Ia mengikuti kuliah Universitas Yale sewaktu Perang Revolusi, dengan teman-teman sekelas yang bernama seperti Zephaniah Swift, Ebenezer Fitch dan Ichabod Wetmore.
 
(bersambung).

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by