Advertise Box

[ KHI ] Karena 'kekeliruan melihat,' maka bintang biduk (ursa mayor) telihat dobel.

 

Big Dipper's 'optical double' stars.
 
Suatu pandangan cepat sekilas sekitar langit malam akan menyingkapkan banyak bintang yang terlihat seakan-akan mempunyai "teman" di dekatnya. Lebih sering, bagaimanapun, bintang-bintang ini secara fisik tidak berhubungan, tetapi sungguh-sungguh kelihatan dekat bersama-sama di langit. Kita dapat menemukan contohnya di langit sebelah utara minggu ini. Mulailah dengan menempatkan ketujuh bintang yang membentuk seperti mangkuk dengan tangkai dari bintang biduk (ursa mayor). Mereka membentuk seperti mangkuk dengan tangkai bengkok, yang, pada saat ini juga,tampak terbalik. Dan adalah pada tangkai bintang biduk yang Bengkok ini bahwa suatu benda terletak.
 
Lihatlah di sini untuk memeriksa bintang yang "dobel." Dua bintang ini dikenal oleh nama-nama mereka yang tepat, Mizar, dan temmannya yang lebih terlihat samar-samar, Alcor, juga dinamakan "kuda dan penunggangnya."Bila anda tidak dapat melihat kedua bintang dengan hanya pasangan mata anda, arahkan teropong dalam jurusan mereka. Adalah pada abad ke-13, seorang penulis Persia Abu al-Qarzwini yang menulis bahwa "orang-orang menguji penglihatan mereka dengan bintang ini." Penulis Arab pada abad ke-14, al-Firuzabadi, menunjuk pada bintang itu sebagai "ujian" atau "teka-teki."
 
Kedua bintang itu  kelihatan bagi sebagian besar orang hari ini, meskipun di wilayah-wilayah yang cukupan polusinya.Apakah penglihatan manusia bertambah baik sedemikian banyak selama enam atau tujun abad berselang? Ataukah bintang Alcor, yang lebih samar-samar, menjadi lebih terang? Tidak ada seorangpun yang tau dengan pasti.Yang kita ketahui adalah bahwa Alcor dan Mizar, kendatipun mereka kelihatan dekat di langit, tidak berhubungan secara fisik pada satu dan lain. Pasangan ini merupakan "optical double" (kekeliruan melihat maka terlihat dobel).Mizar, yang paling terang di antara kedua bintang itu, sebenarnya bagian dari sistem binari (biner, kembar, pasangan) fisika (dua bintang yang mengorbit bersama), dan anda akan melihat teman bintang yang samar-samar dengan teropong kecil atau teropong sedang.
 
Terjemahan bebas dari harian setempat,
Sabtu, 28 Mei 2011,dan diberi anotasi
seperlunya.
 
Salam Historia!
Sumar.
 

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Find useful articles and helpful tips on living with Fibromyalgia. Visit the Fibromyalgia Zone today!

.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by