Advertise Box

Menangkap sekilas Herkules yang bertaburan bintang.

 
Selama akhir bulan Mei, menataplah rendah ke langit sebelah timur setelah gelap untuk menemukan konstelasi (perbintangan) Herkules - atau Herakles, sebagaimana orang-orang Yunani purbakala mengenal dia - yang mewakili orang kuat yang hidup selama-lamanya dalam mitologi Yunani. Herkules merupakan konstelasi kelima terbesar di langit, tetapi karena tidak berisi bintang-bintang yang cemerlang, tidak khas terkemuka. Bagaimanapun, apa yang lebih mudah diketemukan, adalah empat bintang yang membentuk empat persegi bengkak-bengkok atau "dasar keimanan" (keystone).
Dari tempat langit gelap, mengenal keystone Herkules dan kira-kira sepertiga jalan antara bintang-bintang paling barat laut dan paling barat daya untuk melihat suatu potongan  kecil cahaya. Anda mula-mula mungkin tidak melihatnya, maka cobalah suatu akal (muslihat) yang sering dipakai oleh para ahli astronomi. Daripada memandang secara langsung pada tempat ini, lihatlah agak sedikit pada sampingnya. Waktu tidak melihat secara langsung padanya, anda pasti lebih mudah melihat cahaya yang kabur .
Corengan yang tampaknya tidak berarti ini adalah salah satu dari ratusan kelompok bintang berbentuk bola yang dikenal di seluruh Bimasakti. Kelompok bintang berbentuk bola ini berisi ratusan atau ribuan bintang yang secara relatif tua, meloncat bersama oleh gravitasi, kekuatan yang sama yang menjaga kesatuan kita pada Bumi. Meskipun Herkules,yang dikenal pula sebagai M13, hampir tidak kelihatan bagi mata telanjang pada malam gelap yang cerah, tujukan suatu teleskop kecil pada arahnya dan akan terpesona oleh ribuan bintang anda dapat lihat dalam bentuk bola (bulatan).
Dan, jika di sana terdapat pengamat-pengamat bintang yang tinggal dalam M13, bayangkan apa yang mereka dapat lihat di langit mereka. Bintang-bintang akan muncul ratusan kali lebih terpusat daripada di bawah kondisi-kondisi di sini di Bumi, dan malam hari akan merupakan suatu pengalaman yang sangat jarang sekali dan menyejukkan tulang.
(selesai).
Terjemahan bebas artikel Newsday, Sabtu, 21 Mei 2011,
dan diberi beberapa anotasi seperlunya.
Semoga berkenan! Mohon maaf bila bikin capek.
Salam Lestari!
Sumar.
_._,_.___

+ Add Your Comment

Sponsored by