Advertise Box

[ KHI ] Belajar Geometri Tanpa suatu Protraktor (Busur Derajat).

 

Meskipun banyak pemuda yang bersekolah mungkin tidak sependapat, suatu studi baru membuktikan bahwa geometri merupakan suatu mata pelajaran berdasarkan intuisi yang mudah dimengerti meskipun tanpa latihan resmi. Para peneliti mengajukan pertanyaan geometri pada orang-orang dewasa dan anak-anak masyarakat Mundurucu, suatu kelompok pribumi terpencil di Amazon. Meskipun tidak mempunyai pendidikan formal, penduduk Mundurucu mampu untuk dengan cepat mengerti konsep-konsep geometri yang berhubungan dengan ujung-ujung, garis-garis dan segitiga-segitiga.
 
Studi itu muncul dalam terbitan terbaru Laporan Rapat Akademi Ilmu Pengetahuan Kebangsaan. Penduduk Mundurucu mampu untuk tepat menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti, "Dapatkah suatu garis melintas dua garis sejajar lainnya?" dan "Dapatkah suatu garis melintas satu atau dua garis yang nampak sejajar tetapi bukan yang lain?" Ketangkasan mereka kenyataannya sama dengan orang-orang dewasa negeri ini dan anak-anak Perancis yang mempunyai latihan formal dalam geometri, kata Veronique Izard, seorang ahli psikologi pada Universitas Paris dan pengarang pertama studi.
 
Anak-anak sebaya seperti anak-anak Mundurucu - dari 7 sampai 13 tahun. "Saya ingin mengatakan bahwa hal ini berarti geometri barangkali universal (sedunia) bagi semua umat manusia," kata Izard. Mengherankan, waktu ujian-ujian yang sama dilakukan oleh anak-anak muda negeri ini, berumur 5 dan 6 tahun, mereka melakukannya kurang baik. Hal ini berarti bahwa bila kemampuan untuk mengerti geometri adalah suatu pembawaan, itu hanya suatu kebetulan. "Barangkali merupakan sesuatu yang dipelajari dari lingkungan, tetapi dalam kasus ini pasti sesuatu yang umum (generika)  bagi semua lingkungan," Dr Izard mengatakan. Ia dan rekan-rekannya melanjutkan mempelajari pokok persoalan ini.
 
(selesai).
 
Terjemahan bebas dari harian
setempat, Selasa, 24 Mei 2011,
dan diberi beberapa anotasi
seperlunya.
 
Semoga berkenan. Maaf bila capek.
 
Salam Historia!
Sumar.

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.

.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by