Advertise Box

[ KHI ] Kekjayaan Seni dan Sains. (2). Selesai.

 

 Kalif Al-Mamun, kalif dalam abad kesembilan diperlukan untuk berkembangnya intelektual ini. Kota ini hanya empat puluh tahun umurnya tetapi sudah menjadi yang terbesar di dunia. Dalam lingkungan yang bersemangat ini, ia mendarakan suatu lembaga, Rumah Kearifan, yang belum  terlihat padanannya sejak perpustakaan di Iskandariah. Pengarang membandingkan kotanya pada zaman itu dengan Florensia atau Atena pada zaman Pericles. Mula-mula, Al-Mamun mengikuti kebiasaan kakeknya, mendesak orang-orang yang terpelajarnya untuk menerjemahkan buku-buku dalam bahasa Yunani milik negara, suatu warisan dari kekuasaan Yunani selama beberapa abad setelah penaklukan-penaklukan Iskandar Agung.  Dalam dua abad berikutnya, lebih banyak karya Aristoteles, Pythagoras, Archimedes dan Hippocrates, maupun para pemikir Persia dan India, diterjemahkan dalam bahasa nasional.
 
Menjadi suatu usaha yang menguntungkan, bersamaan dengan kemajuan-kemajuan membuat kertas yang dipelajari dari serdadu-serdadu Tionghwa yang tertawan. Pelindung-pelindung kaya, tidak hanya kalif, membantu gerakan penerjemahan, pengarang buku ini menerangkan, "sebagian untuk keuntungan-keuntungan keuangan, yang dipergunakan untuk proyek-proyek pertanian, proyek-proyek teknik dan ilmu kedokteran, dan sebagian  karena perlindungan ini dengan cepat menjadi kegiatan budaya yang memberi definisi kedudukan mereka dalam masyarakat." Suatu anggaran belanja moderen dari suatu badan pendanaan sains  membuat usaha ini sangat baik
 
Kesudahannya adalah, sementara karya-karya Yunani khususnya hilang di Eropa, karya-karya itu dilestarikan untuk diterjemahkan lagi ke dalam bahasa Latin guna melahirkan kembali pengetahuan yang "hilang." Ini adalah sebagian dari pendapat pengarang yang sering dikemukakan dalam buku, dan dengan huruf-huruf tebal menjadi judul tambahan.
 
(selesai).
 
Terjemahan bebas dari tinjauan buku,
Mingu, 22 Mei 2011, dipersingkat dan
diberi beberapa anotasi seperlunya.
 
Semoga berkenan. Maaf bila capek.
 
Salam Historia!
Sumar.

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by