Advertise Box

[ KHI ] Buku Mengenai Para Pendiri Bangsa.

 

Sejarawan-sejarawan menghubungkan kecenderungan ini sebagai Gaya Pendiri-pendiri: kesibukan minat yang baru saja dalam biografi-biografi generasi-generasi pendiri bangsa ini. Meskipun salah seorang pendiri bangsa yang di kelak kemudian haru terpilih sebagai presiden pertama secara konsisten menarik perhatian bangsa sejak biografinya muncul dalam tahun 1890, selama dasawarsa terakhir diterbitkan catatan-catatan teman-temannya yang hidup sezaman telah berlipatganda secara dramatis.
 
Sebuah buku baru mungkin pada pandangan sekilas pertama hanya merupakan suatu ulangan dari aliran ini. Tetapi judul tambahannya membedakan dari lain-lainnya. Demikian pula kata pengantarnya. Ketiga para pemeriksa naskah untuk penerbitan memberitahukan para pembaca bahwa mereka mengharapkan untuk membetulkan kesan tentang perkisaran yang ditemukan dalam sebagian besar buku pelajaran, suatu cita-cita aneh sebab salah satu dari mereka adalah seorang pengarang utama buku pelajaran.
 
Apakah mereka berhasil? Untuk sebagian besar ya. Dalam 22 esei yang ringkas, tiap esei disertai dengan suatu alinea referensi-referensi bibliografi berguna. Esei-esei merupakan suatu campuran pilihan berbagai sumber. Sebagian besar esei memusatkan pada seorang-seorang, tetapi sembilan esei dipertimbangkan sebagai kelompok-kelompok yang dihubungkan dalam pelbagai cara.
 
Catatan pribadi: Sudah tiba waktunya untuk menerbitkan buku mengenai para pendiri bangsa Indonesia.
 
(selesai).
 
Terjemahan bebas resensi
harian setempat, Selasa,
22 Mei 2011, dipersingkat,
dan diberi beberapa anotasi
seperlunya.
 
Semoga berkenan. Mohon maaf
bila capek. Terimakasih.
 
Salam Historia!
Sumar.
 
 
  

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by