Advertise Box

[ac-i] Forum Teater Realis Salihara

 


"Forum Teater Realis diselenggarakan guna merangsang kembali gaya pemanggungan realis, serta mendukung kelompok-kelompok teater yang mengerjakan corak tersebut. Ini merupakan upaya bersama untuk mendapatkan kembali aktor-aktor yang agak terabaikan dalam arus "teater tubuh" yang meluas akhir-akhir ini. Dalam program ini, Dewan Kurator Komunitas Salihara memilih lima kelompok yang membawakan lakon-lakon yang memberi penekanan pada akting dan nalar cerita"




Menafsir Ulang Realisme

Suatu hari seorang pelukis realis mengolok-olok karya Picasso yang dinilainya tak mencerminkan kebenaran. Sesuai pengertian tentang realisme yang ia yakini, baginya kebenaran hanya mungkin dicapai dengan menampilkan subyek dalam karya seni sebagaimana dalam kehidupan sehari-hari tanpa tambahan atau tafsir apa pun. Dengan percaya diri si pelukis itu konon lantas menunjukkan karyanya, sebuah lukisan tentang rumah kekasihnya. Picasso dengan tenang mengamati lukisan itu. "Kasihan sekali kekasihmu," katanya, "rumahnya sangat kecil".

Ilustrasi singkat itu seolah menyadarkan kita bahwa sejak mula realisme adalah paham yang mustahil diwujudkan, kecuali dengan penyederhanaan. Kita tahu, realitas bukan entitas yang tunggal dan tak pernah berhenti di satu titik. Realitas itu berpiuh-berlapis dan bermetamorfosis, sangat kompleks, bergerak dan berubah dari satu situasi ke situasi berikutnya. Setiap situasi niscaya berbeda.

Kehendak menghadirkan kembali kebenaran dengan meniru kenyataan keseharian, dengan demikian hanyalah tindakan yang sia-sia. Sebuah duplikat dari suatu kenyataan bisa dipastikan tidak sebangun dan tidak identik dengan kenyataan aslinya. Duplikasi itu hanya akan menghasilkan kenyataan baru, sebutlah kenyataan kedua, yang mungkin mengusung kebenarannya sendiri, namun tak bisa dimutlakkan sebagai wujud dan kebenaran realitas pertama. Sebuah potret – mungkin inilah bentuk realisme paling sempurna – tetap bukan subyek yang pernah tampak melalui lensa kamera lengkap dengan seluruh dimensinya.

Karena itu realisme hanya mungkin didekati dengan terlebih dulu menyadari kompleksitas dan ketidakajekan realitas. Artinya, karya seni realis justru perlu mengedepankan tafsir, membuka diri demi menampung segala kemungkinan yang lazim terjadi dalam suatu kenyataan. Termasuk kemungkinan simbolis, sebab, jika kita sepakat dengan pendapat seorang filsuf, substansi realitas pada akhirnya berujung pada simbol.

Forum Teater Realis kali ini bisa dipandang sebagai usaha kecil untuk menguji, menafsir kembali, realisme dalam pertunjukan teater. Menghadirkan lima grup teater dari empat kota, yakni: Teater Satu (Bandar Lampung), Teater Ciliwung (Jakarta), Saturday Acting Club (Yogyakarta), Sakti Aktor Studio (Jakarta), dan Oyag Forum (Bandung). Masing-masing grup itu telah melakukan penjelajahan berbagai bentuk estetik dalam banyak pertunjukan mereka sebelumnya. Kini mereka sama-sama akan mengolah gaya realis itu dan, tentu saja, kita akan menyaksikan keragaman ungkapan yang tak senada. Semoga ini menjadi forum yang mampu menawarkan kekayaan tafsir dan pesona.

-- Sitok Srengenge, Kurator Teater Komunitas Salihara



JADWAL FORUM TEATER REALIS SALIHARA:

Jumat-Sabtu, 03-04 Juni 2011, 20:30 WIB

Visa

TEATER SATU

Sutradara: Iswadi Pratama

Naskah: Goenawan Mohamad


Jumat-Sabtu, 10-11 Juni 2011, 20:30 WIB

Selamat Jalan Anak Kufur

TEATER CILIWUNG

Sutradara: Irwan Soesilo

Naskah: Utuy Tatang Sontani

Jumat-Sabtu, 17-18 Juni 2011, 20:30 WIB

Lithuania

SATURDAY ACTING CLUB (SAC)

Sutradara: Rukman Rosadi

Naskah: Rupert Brooke


Jumat-Sabtu, 24-25 Juni 2011, 20:30 WIB

Bang Bang You're Dead

SAKTI AKTOR STUDIO (SAS)

Sutradara: Eka D. Sitorus

Naskah: William Mastrosimone


Rabu-Kamis, 29-30 Juni 2011, 20:30 WIB

Pertja

OYAG FORUM

Sutradara: Benny Yohanes

Naskah: Benny Yohanes


Tiket peracara seharga Rp 50.000,- (dan Rp 25.000,- khusus untuk pelajar/mahasiswa) dapat dipesan melalui tiket@salihara.org, 0817-077-1913, 0812-8184-5500, 0857-193-111-50, 021-9974-5934, 0838-9963-0361.

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi info@salihara.org atau nomor-nomor telepon di atas.

Sampai bertemu di Komunitas Salihara!

Komunitas Salihara; Jl. Salihara 16, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520. Tel: 021-789-1202.

(Parkir terbatas, kami melayani pemesanan taksi di tempat.)

__._,_.___
Recent Activity:
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
MARKETPLACE

Find useful articles and helpful tips on living with Fibromyalgia. Visit the Fibromyalgia Zone today!


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by