Advertise Box

[ KHI ] Jejaring Sosial. (2).

 

Umat manusia - berinteraksi dalam beberapa cara berbeda - di dalam pasar, di dalam perjuangan kekuasaan politik dan sebagai kawan sebaya dalam masyarakat. Hubungan-hubungan kita di pasar dikuasai oleh persaingan mencari laba dan kepuasaan konsumen, hubungan-hubungan politis kita dikuasai oleh persaingan kekuasaan ; dan hubungan-hubungan kawan sebaya kita dikuasai oleh pencarian status, identitas dan penerimaan oleh orang lain. Rosenberg membuktikan bahwa hubungan macam ketiga, pencarian status dan persetujuan kawan sebaya, adalah pendorong yang kuat dari perilaku pribadi kita dan dapat dipakai untuk mengobati penyakit-penyakit sosial. Ia meminta pada kita untuk "membayangkan kembali perubahan sosial ..... berdasarkan pada motivasi manusia yang sangat kuat: kerinduan kita untuk berhubungan satu sama lain."
 
Contoh-contoh dia acapkali mengesankan. Di Jamkhed, suatu daerah yang jatuh miskin di India sebelah barat, latihan para perempuan untuk menjadi pekerja-pekerja kesehatan masyarakat telah mematahkan rintangan-rintangan tinggi yang biasanya antara kasta-kasta India. Para perempuan kasta-rendah, Rosenberg mencatat,  "memperoleh rasa harga diri-mereka sendiri sebagian karena peranan baru mereka di desa, kepuasan membantu para tetangga mereka dan rasa hormat yang telah mereka peroleh dari para penduduk desa. Sebagai akibat dari pengetahuan dan keterampilan-keterampilan para perempan Jamkhed, desa itu berubah." Rosenberg juga melaporkan tentang mahasiswa-mahasiswa keturunan Afrika dan Sepanyol di kampus-kampus universitas setempat, yang prestasi mereka dalam kelas pengantar kalkulus membubung tinggi waktu mereka masuk suatu lingkungan baru  yang mendorong pengetahuan kerjasama (kolaboratif).
 
Mahasiswa-mahasiswa yang belajar kalkulus dengan susah-payah suka mengasingkan diri, mungkin menjatuhkan matematika sama sekali, mengatasi kesulitan-kesulitan mereka dengan bantuan kawan sebaya  dan sering meneruskan untuk unggul. Dalam satu pandangan seorang analis, "angka-angka yang baik tergantung pada  mendapat kawan untuk bersama-sama belajar."  Dalam cerita lain yang sangat menarik hati. Rosenberg menunjukkan bagaimana kampanye anti-merokok yang ditujukan pada  anak-anak belasan tahun jarang berhasil, sampai mereka menerima pesan bahwa yang tidak merokok meningkat status sosialnya.  Iklan-iklan yang biasanya memperingatkan bahwa merokok membunuh,  kurang meyakinkan.
 
Apa yang meyakinkan, bagaimanapun, adalah pesan bahwa paberik-paberik tembakau berbohong kepada publik tentang bahaya-bahaya merokok. Anak-anak belasa tahun  tidak merokok  menjadi semacam pemberontakan, suatu sikap mental anti-penguasa, suatu sikap mental melawan kongsi-kongsi yang manipulatif (menyalahgunakan). Secara singkat, anti-merokok menjadi "mengagumkan."  Contoh-contoh berlipatganda, di seluruh benua-benua, kelas-kelas sosial dan kelompok-kelompok umur. Banyak yang dapat dipelajari dari kasus-kasus ini mengenai bagaimana individu-individu (seorang-seorang) mungkin dapat menemukan aspirasi-aspirasi mereka sendiri, memperkuat masyarakat-masyarakat mereka atau bahkan menurunkan orang-orang yang kejam (tyrants).
 
(bersambung).
 

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
MARKETPLACE

Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by