Advertise Box

[ KHI ] Tanda Masyarakat yang Maju? (2).

 

Dr. Marcus mengatakan,"Itu juga menunjukkan bahwa spesis kita, bila didorong ke dalam keadaan-keadaan yang hampir sama, berkelakuan dalam cara-cara yang hampir sama. Dr. Stanish percaya bahwa perang adalah bidan dari negara-negara yang pertama di dunia, termasuk Mesopotamia dan Tiongkok maupun benua Amrik. Negara-negara pertama, dalam pandangannya, bukan urusan-urusan pasif yang digerakkan di luar kontrol manusia, misalnya iklim dan geografi, seperti yang dikira oleh beberapa sejarawan.
 
Negara-negara yang pertama di dunia dibentuk oleh pilihan manusia sewaktu orang-orang mencari bentuk-bentuk kerjasama baru dan institusi-institusi baru untuk masyarakat-masyarakat lebih rumit yang sedang berkembang. Perdagangan merupakan salah satu institusi kerjasama ini untuk menggabungkan kelompok-kelompok yang berskala lebih besar; perang adalah yang lain. Perang biasanya tidak terfikirkan sebagai suatu bentuk kerjasama, tetapi permusuhan-permusuhan yang terorganisasi antara kampung-kampung suku menghendaki bahwa dalam tiap kampung suku, orang-orang mengebawahkan kepentingan pribadi mereka pada kelompok itu.
 
"Perang itu akhirnya bukan suatu penyangkalan kapasitas manusia untuk bekerjasama sosial, tetapi suatu pernyataan yang paling destruktif belaka," ahli antropologi Lawrence H. Keeley menulis dalam bukunya "Perang Sebelum Peradaban" (Oxford, 1996). Dibandingkan dengan spesis lain, manusia sangat suka bekerjasama dan altruistis (melulu mementingkan kepentingan orang lain), sedikitnya terhadap anggota-anggota kelompok mereka sendiri.
 
Para ahli biologi evolusioner telah mendapat tekanan keras untuk menceritakan mengenai perilaku pengorbanan-diri itu, dengan adanya fakta-fakta bahwa orang yang melulu mementingkan kepentingan orang lain, kurang punya waktu untuk kepentingan keluarganya. Gene-gene untuk perilaku altruistis oleh sebab itu harus lenyap. Solusi Darwin untuk teka-teka ini adalah agar kelompok-kelompok para altruis  mempengaruhi  kelompok-kelompok yang kurang kohesif (bersatupadu). Ini menyatakan secara tidak langsung bahwa pilihan alamiah dapat dijalankan pada kelompok-kelompok, tidak hanya pada para individu, suatu tesis yang ditolak oleh banyak ahli biologi.
 
(bersambung)

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by