Advertise Box

[ KHI ] Fosil-fosil Tertua Diketemukan.

 

Suatu tim ahli-ahli geologi Australia dan Inggeris telah menemukan fosil organisme-organisme sel-tunggal yang berumur 3.4 milyar tahun umurnya dan kata para ahli ilmu pengetahuan itu adalah fosil-fosil tertua yang dikenal di dunia. Pernyataan yang tegas, kalau dibenarkan, menegaskan pandangan bahwa perkembangan kehidupan di bumi sangat mengherankan, segera sesudah Pengeboman Berat, suatu masa penghancuran waktu gelombang-gelombang asteroida mengempas pada planit yang primitif, memanaskan permukaan menjadi batu yang larut dan mendidihkan samudera-samudera menjadi kabut pijar. Pemboman, yang berakhir 3,85 milyar tahun lalu, mensterilkan (memandulkan) permukaan bumi dari tiap kehidupan yang baru mulai.
 
Pernyataan itu merupakan pukulan baru dalam suatu konflik yang sudah lama berjalan tentang siapa yang menemukan fosil tertua. Mikrofosil-mikrofosil baru itu digambarkan dalam penerbitan Nature Geoscience hari Sabtu, oleh suatu tim yang dipimpin oleh David Wacey dari Universitas Australia Barat dan Martin D. Brasier dari Universitas Oxford, Inggeris. Fosil-fosil tsb diketemukan di batupasir pada kaki terbentuknya batu di Strelley Pool di Australia Barat. Batupasir itu, 3.4 milyar tahun yang lalu, adalah suatu pantai dari salah satu pulau yang mulai muncul di atas permukaan samudera. Kondisi-kondisi adalah sangat berbeda dari yang sekarang. Orbit bulan  lebih dekat dari bumi,  menaikkan pasang-pasang sangat besar.
 
Atmosfirnya penuh methane,  karena tumbuh-tumbuhan belum berkembang untuk menghasilkan oksigen, dan pemanasan rumah hijau dari methane memanaskan samudera-samudera sampai seperti suhu air panas untuk mandi.  Adalah dalam kondisi-kondisi ini, para ahli geologi tsb percaya, bahwa organisme-organisme yang sekarang menyerupai bakteria hidup dalam celah-celah antara batu-batu kerikil di pantai. Memeriksa bagian-bagian batu tipis di bawah mikroskop, mereka menemukan struktur-struktur seperti sel-sel hidup, beberapa dalam kelompok-kelompok yang memperlihatkan pembagian sel. Struktur-struktur yang menyerupai-sel dalam batu-batu purbakala dapat memperdayakan - banyak ternyata adalah artifak-artifak yang dibentuk oleh proses-proses non-biologis.
 
Dalam hal ini, para ahli geologi tsb telah mengumpulkan cukup bukti  secara tidak langsung bahwa struktur-struktur yang mereka lihat itu adalah biologis. Dengan kemajuan teknik baru, mereka telah menganalisis komposisi noda-noda sangat kecil dalam struktur-struktur yang menyerupai sel. "Kami dapat melihat karbon, sulfur, nitrogen dan fosfor, kesemuanya dalamdinding-dinding sel," kata Dr. Brasier. Kristal-kristal dari emas palsu, suatu mineral besi-sulfur dan menunjukkan bahwa organisme-organismenya. karena tidak adanya oksigen, makan bahan campuran sulfur, ucap Dr. Brasier dan rekan-rekannya. Mikrofosil-mikrofosil - struktur-struktur yang menyerupai sel - telah menjadi bidang yang sering menjadi perdebatan, karena kesukaran-kesukaran tersembunyi untuk membuktikan bahwa mereka adalah benar-benar biologis dan karena keagungan ilmu pengetahuan telah menemukan fosil yang diketahui tertua telah menyebabkan perjuangan-perjuangan sengit antara penemu-penemu yang bersaingan.
 
Kehormatan telah menemukan mikrofosil yang tertua telah lama dipertahankan oleh J.W. Schopt, seorang ahli paleobiologi pada Universitas California, Los Angeles. Dalam tahun 1993, Dr. Schopt melaporkan penemuan fosil-fosilnya yang berumur 3.465 milyar tahun dalam peta Apex dari Kelompok Warrawoona di Australia Barat, kira-kira 20 mil dari tempat fosil-fosil baru diketemukan.  Fosil-fosil itu akan kira-kira 65 juta lebih tua daripada yang baru diketemukan, tetapi pengakuan Dr. Schopt diragukan dalam 2002, waktu Dr. Brasier menyerang penemuannya, dengan mengatakan fosil-fosil itu bukan biologis tetapi hanya artifak-artifak mineral. Dengan penemuannya yang  baru  itu, Dr. Brasier mencoret penemuan Dr. Schopt, menyatakan ia telah menemukan mikrofosil-mikrofosil yang merupakan atau barangkali tertua yang diketahui, bila dan kapan penemuan Dr. Schopt ditetapkan kalah dalam persaingan.
 
(bersambung).
 
 

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


A bad score is 579. A good idea is checking yours at freecreditscore.com.
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by