Advertise Box

[ KHI ] Debu Asteroida Menegaskan Asal-muasal Meteorit-meteteorit

 

Tahun lalu, suatu pesawat angkasa Jepang membawa debu asteroida kembali ke bumi untuk pertama kali, dan sekarang para peneliti menganalisis laporan tentang debu itu bahwa sebagian besar meteorit-meteorit (batu-batu bintang) berasal dari asteroida jenis-S yang berbatu-batu seperti satu yang diambil sebagai contoh, menegaskan apa yang para ahli ilmu pengetahuan telah lama berteori, tetapi tidak pernah mampu untuk membuktikan.
 
Melalui pengambilan contoh fisik dari butir-butir debu yang sebenarnya, kurang dari empat per seribu inci panjangnya, para peneliti mampu untuk menegaskan bahwa debu itu adalah identik (serupa) dengan bahan yang merupakan meteorit-meteorit (batu-batu bintang). Ini dan penemuan-penemuan lain diterbitkan dalam suatu kumpulan enam makalah dalam jurnal Science yang terbaru.
 
Debu asteroida dikumpulkan oleh Hayabusha, suatu pesawat angkasa yang diluncurkan oleh Japan Aerospace Exploration Agency dalam tahun 2003. Pesawat angkasa tsb tiba di permukaan asteroida jenis-S yang dikenal sebagai Itokawa lebih dari dua tahun kemudian, dan lalu masuk kembali ke atmosfir Bumi dan mendarat di Australia sebelah selatan pada musim panas yang lalu.
 
Meteorit-meteorit (batu-batu bintang) yang mengenai Bumi diduga di antara benda-benda tertua dalam sistem solar, dan penelitian menegaskan bawa asteroida-asteroida jenis-S juga baheula, kata Tomoki Nakamura, seorang ahli ilmu pengetahuan pada Universitas Tohoku di Sendai, Jepang, dan seorang pengarang tiap-tiap studi.
 
Asteroida-asteroida itu adalah "tubuh-tubuh planit primitif yang mencatat sejarah sistem solar purbakala," ucap Dr. Nakamura. Ia dan rekan-rekannya membuat sejumlah penemuan lain tentang asteroida. Mereka percaya bahwa debu telah terbaring pada permukaan asteroida selama kira-kira delapan juta tahun. Mereka juga berkesan bawa Itokawa berasal dari suatu asteroid yang lebih besar.
 
Sumber: Observatori harian
setempat, Selasa, 30 Agustus
2011, diterjemahkan secara
bebas dan dibubuhi beberapa
anotasi seperlunya.
 
Salam Historia!
Sumar.

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


A bad score is 579. A good idea is checking yours at freecreditscore.com.
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by