Advertise Box

[ KHI ] Study: Too much TV may shorten lifespan.

 

Terlalu banyak TV mungkin  menyingkat jangka hidup.
Menghabiskan hari anda di depan televisi mungkin tambah menyingkat jangka hidup.Para peneliti di Australia mendapati bahwa orang-orang yang rata-rata enam jam sehari menonton TV, hidupnya rata-rata hampir lima tahun kurang daripada orang-orang yang tidak menonton TV. Untuk tiap jam menonton televisi bagi yang telah berumur 25  tahun, jangka hidup turun 22 menit, menurut penelitian yang dipimpin oleh Dr. J. Lennert Veeerman dari Universitas Queensland. Tetapi para pakar lain memperingatkan bahwa studi itu tidak memperlihatkan bahwa menonton TV menyebabkan orang-orang meninggal lebih cepat, bahwa hanya  terdapat hubungan antara banyak menonton TV dan jangka hidup yang lebih singkat.
 
Kendatipun hubungan yang langsung antara keduanya adalah sangat merangsang untuk bertindak (provokatif), bahaya TV sudah hampir dapat dipastikan tidak langsung, kata Dr. David L. Katz, direktur Prevention Research Center pada Fakultas Kedokteran Universitas Yale di AS. "Biasanya, semakin banyak waktu kita habiskan tanpa berfikir di depan TV,  semakin kurang  waktu kegiatan fisik yang kita  habiskan secara aktif," kata Dr. Katz. "Lebih banyak makan dan kurang kegiatan fisik, pada gilirannya, berarti risiko lebih besar untuk kegemukan dan penyakit-penyakit kronis, cenderung untuk diantisipasi, khususnya diabetes, penyakit jantung dan kanker."
 
Keterangan lain mengenai kemungkinan hubungan orang-orang yang  berkelebihan menonton TV adalah "kesepian atau terpencil atau kemuraman, dan kondisi-kondisi ini pada gilirannya, mungkin penyebab  sebenarnya dari kematian (mortalitas) yang sebelum waktunya (premature)," ia tambahkan. Laporan ini diterbitkan dalam edisi online British Journal of Sports Medicine. Statitik memberikan kesan bahwa terlalu banyak menonton TV mungkin sama bahayanya seperti merokok dan tidak adanya exercise in reducing  life expectancy, dalam mengurangi harapan lamanya orang hidup (harapan panjangnya umur seseorang),  kata para peneliti tsb.
 
Sumber: Artikel Health & Science,
Rabu, 17 Agustus 2011, diterjemahkan
dengan bebas dan diberi beberapa
anotasi seperlunya.
 
Salam Historia!
Sumar.

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
MARKETPLACE
A bad score is 579. A good idea is checking yours at freecreditscore.com.

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by