Advertise Box

[ KHI ] Penemuani ekologis sejak Columbus berpengaruh banyak pada sejarah manusia sesudah itu (1)..

 

Penemuan ekologis sejak Columbus berpengaruh banyak pada sejarah manusia sesudah itu.
"Ada rangkaian peristiwa-peristiwa di dalam dunia-dunia yang mungkin terbaik ini," Dr. Pangloss mengatakan pada akhir buku "Candide" karya Voltaire. "Bila anda belum pernah  berjalan-jalan di seluruh benua Amrik ..... anda tidak akan di sini makan manisan buah-buahan dan kenari hijau (pistachio)." Voltaire akan senang dengan  buku Charles C. Mann yang luar biasa, "1493: Uncovering the New World Columbus Created."
 
Dalam lebih dari 500 halaman yang cemerlang, pengarang tidak hanya menjelaskan rangkaian peristiwa-peristiwa yang menghasilkan manisan buah-buahan, kacang-kacangan dan kebun-kebun, tetapi juga merajut cerita-ceritanya bersama-sama menjadi suatu penjelasan yang meyakinkan mengapa dunia kita seperti begini. Yang pertama adalah kebun Mann sendri di Massachusetts, AS, yang kedua, kebun suatu keluarga Filipina di Bulalacao. , Filipina.  Kendatipun terpisah oleh setengah dunia, di kedua kebun tumbuh banyak tanam-tanaman yang sama, hampir tidak aseli dari kedua tempat.
 
Hal ini, Mann ceritakan pada kita,  merupakan tanda era ekologi di mana kita hidup: "Homogeneocene," Abad Homogeneitas" (Abad Keserbasamaan). Buku "1493" menambah buku Mann paling laku, "1491: New Revelations of the Americas Before Columbus," yang masih ketinggalan. Dalam buku 1491, Samudera-samudera Atlantik dan Pasifik hampir merupakan rintangan-rintangan yang tak dapat dilalui.  Benua Amrik bisa dibilang berada pada planit lain dari benua-benua Eropa dan Asia. Tetapi kedatangan Columbus di Karibea tahun berikutnya merubah segala-galanya.
 
Tanam-tanaman, binatang-binatang, kuman-kuman dan budaya-budaya mulai mengalir di seluruh dunia, membawa tomat-tomat ke Massachusetts, jagung ke Filipina dan budak-budak , pasar-pasar dan malaria hampir di mana-mana. Merupakan satu dunia, siap atau tidak.  Mann, banyak sekali mengakui bagaimana banyak dari garis cerita ini berasal dari buku klasik Alfred W. Crosby "Ecological Imperialism: The Biological Expansion of Europe, 900-1900," diterbitkan pertamakali seperempat abad berselang.
 
Buku ini mempunyai pengaruh besar sekali dalam kalangan akademia (merupakan salah satu inspirasi utama bagi buku Jared Diamond yang memenangkan Hadiah Pulitzer "Guns, Germs and Steel"), tetapi Mann telah lama merasa, buku itu memerlukan pembaruan. Waktu ia bertemu Crosby, ia mengomeli sejarawan itu untuk menulis suatu edisi yang baru. Akhirnya Crosby mengatakan pada Mann: "Baiklah, jika anda pikir itu suatu ide yang sangat bagus,, mengapa anda tidak lakukan sendiri?"
 
Dan demikian Mann lakukan. Buku "1493" adalah lebih dari hanya "Imperialisme Ekologis"  ("Ecological Imperialism") yang dipanaskan lagi, bagaimanapun. Mann mengambil argumen (perbedaan pendapat) ke dalam wilayah baru dengan menyarankan bahwa hanya dengan mengerti apa yang dinamakan oleh Crosby  "the Columbus Exchange" - pemindahan tanam-tanaman, binatang-binatang dan orang-orang dari seluruh benua-benua selama 500 tahun terakhir - kita dapat memahami globalisasi kontemporer.
 
Pelajaran sejarah, Mann memperdebatkan, adalah bahwa "dari mula-mula, globalisasi membawa keuntungan-keuntungan ekonomi yang sangat besar dan  keributan ekologis dan sosial yang mengancam mengimbangi keuntungan-keuntungan itu."  Dengan tidak berat sebelah yang mengagumka,n ia menunjukkan bagaimana ongkos-ongkos dan keuntungan-keuntungan dari globalisasi selalu tak terpisahkan. Kita tidak dapat mempunyai satu tanpa yang lain.
 
Membawa kentang ke Eropa memungkinkan bagi kelaparan Irlandia untuk membunuh jutaan manusia waktu kentang-kentang itu diserang oleh penyakit tumbuh-tumbuhan, tetapi kelaparan itu  menjadikan jutaan manusia lainnya yang setengah  kelaparan tetap hidup. (dan berpindah ke AS, catatan pribadi). Membawa malaria ke Amrik telah mengurangi penduduk beberapa bagian dari Dunia Baru, tetapi juga mencegah tentara-tentara Eropa  memasukki  bagian-bagian lain.
 
Mann juga bisa mengerti sudut pandang penebang-penebang  kayu bergergaji rantai yang menghilangkan hutan Filipina supaya orang-orang Amrik  mendapat mebel (perkakas, perabot rumah tangga, meja kursi)  yang murah harganya. "Pelaku-pelaku menghancurkan itu hanya menaruh makanan di atas meja."
 
(bersambung).

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
MARKETPLACE
A bad score is 598. A bad idea is not checking yours, at freecreditscore.com.

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by