Advertise Box

[ KHI ] Mengikkuti Jejak Gerakan Es Sepanjang Antarktika.

 

Suatu peta baru Antarktika untuk pertama kali memberikan penjelasan bagaimana es bergerak sepanjang benua. Para pencipta peta percaya bagaimana iklim yang lebih panas membantu para peneliti mengerti perubahan iklim benua. Penciptaan peta digital yang dibantu oleh Biro Penerbangan dan Ruang Angkasa dan digabungkan dengan data yang dikumpulkan dari tahun 2007 sampai tahun 2009 oleh satelit-satelit milik Biro Ruang Angkasa Kanada, Biro Ruang Angkasa Eropa dan Biro Ruang Angkasa Jepang.
 
"Merupakan suatu kerjasama unik dengan tiap satelit menyumbangkan keterampilan-keterampilan  berbeda-beda dan membuat peta berbeda-beda bagian dari benua," kata Eric Rignot, seorang ahli ilmu pengetahuan sistem Bumi pada Universitas California, dan pengarang utama studi. Satelit Jepang, misalnya, berguna dalam membuat peta gerakan es yang cepat di atas pantai Antarktika, ia katakan. Dr. Rignot, bersama-sama Jeremie Mouginot dan Bernd Scheuchl, rekan-rekannya dari universitas tsb, melukiskan peta dalam penerbitan jurnal Science yang terbaru.
 
Sebelum usaha mereka, bagian-bagian luas dari Antarktika Timur, yang merupakan 77 persen dari benua, tetap tidak dibuat peta, Dr. Rignot mengatakan. Menurut penemuan-penemuan, suatu aliran pola es yang rumit secara teratur menghubungkan wilayah-wilayah pedalaman dengan pantainya. Aliran ini sebagian besar disebabkan oleh lapisan-lapisan es yang menyorong dasar-dasar berbatu, para peneliti melaporkan.
 
"Adalah sungguh-sungguh untuk pertamakali kita dapat melihat bagaimana gerakan es di seluruh benua itu," Dr. Rignot mengatakan. "Sebelumnya, kita hanya mempunyai model-model dari apa yang kita kira bagaimana terlihatnya."
 
Sumber: Observatori, harian
setempat, Selasa, 23 Agustus
2011, diterjemahkan secara
bebas dan dibubuhi anotasi
seperlunya.
 
Salam Historia!
Sumar.

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


A bad score is 596. A good idea is checking yours at freecreditscore.com.
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by