Advertise Box

[ KHI ] Sejarah dalil Bayes. (2). Selesai.

 

Dalil Bayes mempunyai sejarah pikiran berbelit yang panjang dan menakjubkan, dan sang pengarang, McGrayne mencatat rentetan kejadian-kejadian secara rinci. Adalah teman Bayes, Richard Price, seorang ahli matematika amatiran, yang mengembangkan ide-ide Bayes dan barangkali berhak mendapat kemuliaan dari dalil Bayes-Price. Sesudah Price, bagaimanapun, dalil Bayes menjadi tak dikenal sampai ahli matematika Perancis yang terkenal, Pierre Simon Laplace memperluas dan memakainya dalam cara yang cerdik, nontrivial (tidak sepele) dalam permulaan abad ke-19.
 
Sesudah itu, dalil Bayes keluar-masuk menurut cara kebiasaan, dipakai dalam satu bidang sesudah bidanglainnya, untuk kemudian disalahkan karena terlalu samar-samar (tidak jelas), subjektif atau tidak ilmiah, dan menjadi perdebatan antara kelompok-kelompok para ahli matematika saingan sebelum menikmati suatu kebangkitan kembali dalam beberapa tahun ini. Dalili itu sendiri dapat dinyatakan secara sederhana.
 
McGrayne, sang  pengarang, mencurahkan pada bukunya tentang dalil Bayes,  banyak sumbangan yang hebat pada sejarah: ia membicarakan bagaimana sejarah dipakai untuk mengadakan penelitian tentang senjata-senjata nuklir, bagaimana sejarah dipakai untuk  merencanakan daftar-daftar yang berhubungan dengan penaksiran, bagaimana sejarah dipakai untuk menunjukkan bahwa suatu dokumen  dapat membuktikan kesalahan.
 
Dalil Bayes menghadapi pertanyaan yang kritis: Apakah pikiran anda berubah mengingat informasi baru?
 
(catatan pribadi: pikiran saya tidak berubah kalau ada tafsiran sejarah yang berlainan dari yang saya baca sebelumnya, tetapi saya justru malah sangat ingin mengetahui sejarah yang sebenarnya).
 
Sumber: Resensi buku Teori yang tidak
akan mati, Sharon Bertsch McGrayne,
diterjemahkan secara bebas, dipersingkat
dan diberi beberapa anotasi seperlunya,
 
Salam Historia!
Sumar.
 
 
 

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by