Advertise Box

[ KHI ] Ilmu Pengetahuan Sebagai Institusi. (2).

 

Sikap ini, sesungguhnya, mempunyai beberapa dasar kebenaran; sementara sains tumbuh berkembang dan mempengaruhi kehidupan-kehidupan kita sehari-hari dan lebih dari itu, sains tidak menjadi lebih siap untuk dimengerti. Para pelaksana beberapa sains selama bergerak hampir tidak terasa ke dalam bidang di mana mereka menganggap perlu untuk menciptakan bahasa-bahasa khusus untuk menyatakan hal-hal dan hubungan-hubungan baru yang mereka ketemukan, dan pada pokoknya tidak menghiraukan untuk menerjemahkan bahkan bagian yang lebih menarik hati dari pekerjaan mereka ke bahasa yang biasa.
 
Sains telah memperoleh sedemikian banyak sifat dari suatu profesi yang eksklusif, termasuk pendidikan dan masa belajar untuk suatu keahlian, sehingga lebih mudah untuk mengenal seorang ahli sains daripada mengetahui apakah sains itu. Benar-benar, definisi yang mudah dari sains adalah apa yang dilakukan oleh para ahli sains. Institusi sains sebagai suatu tubuh kolektif dan terorganisasi sudah ada di sana dalam perioda waktu sains di majukan oleh upaya-upaya para individu secara terpisah.
 
Sains berbeda dari semua apa yang dinamakan profesi-profesi bebas yakni yang perbuatannya tidak segera mempunyai nilai ekonomis. Seorang ahli hukum dapat mengadakan pembelaan atau menjatuhkan suatu keputusan, seorang dokter dapat mengobati, seorang ruhaniwan dapat memimpin suatu upacara pernikahan atau memberikan penghiburan keagamaan, seorang insinyur dapat merancang suatu jambatan atau mesin cuci - semua hal yang orang-orang bersedia untuk membayar dengan segera.
 
(bersambung).

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by