Advertise Box

[ KHI ] Apresiasi Seni.( 1).

 

Gerakan-gerakan Seni.
Seni mencerminkan perioda di dalam mana para artis tinggal, maka gerakan-gerakan dalam seni sering bertepatan dengan gerakan-gerakan sosial. Silakan lebih banyak membaca tentang beberapa perioda artistik yang utama. Kemudian meneliti contoh-contoh dari tiap-tiap corak dan bandingkan contoh-contoh itu untuk mendapat pengertian yang lebih baik.
 
Zaman Emas Yunani
(500-400 S.M.).
 
Agama Yunani pada waktu ini adalah didasarkan pada dewa-dewa, yang adalah para manusia teladan, jadi seni dalam zaman ini adalah terutama mengenai menciptakan bentuk manusia teladan. Ini juga zaman para pemikir besar, dan seni diharapkan untuk proporsional (sebanding) dan tepat menurut ilmu pasti. Parthenon dibangun pada waktu ini.
 
Bizantin (330 S.M. - M. 1450).
 
Imperium Bizantin adalah di sebelah timur Laut Tengah. Corak artistik ini  dimulai waktu Kaisar Konstantin menjadikan gereja Kristiani kekuasaan negara. Fungsi seni selama zaman ini adalah menceritakan kisah-kisah Injil pada mereka yang tidak dapat membaca.  Lukisan-lukisan Bizantin adalah sangat formal, dengan bentuk-bentuk manusia yang datar dan latarbelakang-latarbelakang emas.
 
Roma(M. 500-1100)
 
Karena gereja adalah satu-satunya penyokong seni, maksud seni adalah untuk menggambarkan kesempurnaan ruhaniah daripada kesempurnaan jasmaniah. Corak Roma adalah bersifat Eropa dan meliputi pembangunan gereja-gereja besar dengan tembok-tembok berat besar dan sedikit jendela. Seperti corak Bizantin, corak Roma juga termasuk lukisan-lukisan dan patung-patung formal dengan bentuk-bentuk manusia yang kaku yang menceritakan kisah-kisah Injil .
 
Gotik (1100-1499).
 
Gerakan Eropa ini memusatkan pada segi agama yang lebih lemah-lembut. Patung-patung Gotik adalah  anggun, elok, dan tampak lebih alamiah daripada patung-patung yang ada sebelumnya di Eropa. Arsitektur, patung-patung dan kaca-kaca jendela yang berwarna Katedral Notre Dame merupakan contoh-contoh  corak ini. Pelukis Italia, Giotto, adalah salah satu pelukis yang terbaik dari zaman Gotik.
 
Renaissance (1400-1600).
 
Renaissance artinya "lahir kembali" dalam bahasa Perancis, Renaissance dimulai di Italia dengan minat yang diperbarui dalam ajaran-ajaran klasik bangsa Yunani, termasuk seni yang realistis dan ilmiah perspektifnya. Ini adalah abad humanisme di mana seni tidak dipakai hanya untuk menceritakan agama - para negarawan yang kaya mulai mempekerjakan para seniman untuk melukis potret-potret mereka, dan para artis menjadi tertarik untuk mereproduksi dunia sekitar mereka. Beberapa artis yang paling terkenal  dari Renaissance adalah Leonardo da Vinci, Michelangelo, Raphael, Botticelli, El Greco, Donatello dan Albrecht Durer.
 
(bersambung).

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by