Advertise Box

[ KHI ] Penulis Sejarah. (3). Selesai.

 

Pada awal tulisan mengenai Gordon S. Wood, seorang penulis sejarah AS,  a.l. dinyatakan bahwa para sarjana sejarah sebelum Wood memberikan banyak interpretasi dari Revolusi AS. tetapi tak ada satu interpretasi yang sungguh-sungguh benar bagi dia. Catatan pribadi saya mengatakan memang "history is a matter of interpretation," sejarah adalah masalah interpretasi.
 
Oleh sebab itu, seorang  sejarawan Italia, Bennito Crose, telah mengatakan, "Ogni vera istoria contemporaea," artinya: Sejarah yang benar adalah sejarah Masa Kini.  Sedang seorang sejarawan Jerman, O.Wilde, telah mengatakan, "die einziege of Pflicht, die wir der Geschichte gegenueber haben ist ..... sie umzuschreiben," artinya: "Kita harus menulis sejarah yang sebenarnya."
 
Kalau kita membaca karya Bapak Mohammad Hatta, yang berjudul "Verspreide Geschriften" (tulisan-tulisan beliau yang tersebar di berbagai penerbitan)  dan karya Bapak Adam Malik, yang berjudul "Riwayat Proklamasi," terdapat banyak perbedaan interpretasi di sekitar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945, seperti halnya dengan banyak interpretasi di sekitar Pernyataan Kemerdekaan AS, 4 Juli 1776. Bahkan tgl 4 Juli itu sebenarnya baru selesainya rancangan pernyataan kemerdekaan, belum pernyataan yang sebenarnya, beberapa bulan kemudian.
 
Semoga berkenan.
 
Sumber: Tinjauan buku
harian setempat, Minggu,
24 Juli 2011, diterjemah-
secara bebas, dan diberi
beberapa anotasi seperlu-
nya, dan catatan-catatan
pribadi.
 
Salam Historia!
Sumar.

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by