Advertise Box

[ KHI ] Mempelajari Evolusi Kota NY (1).

 

Untuk mempelajari evolusi, Jason Munshi-South telah mengikuti jejak gajah-gajah di Afrika tengah dan kera-kera proboscis di hutan belantara Kalimantan. Tetapi untuk ekspedisi yang baru, ia naik kereta api di bawah tanah kota New York. Dr. Munshi-South dan dua mahasiswa pascasarjana, Paolo Cocco dan Stephen Harris, keluar dari stasiun 168th Street, membawa barang-barangnya di punggung dan suatu peti plastik penuh  dengan timbangan-timbangan, kantung-kantung plastik, jepitan-jepitan, mistar-mistar  dan kain-kain terpal. Mereka berjalan menuju timur ke jalan masuk Highland Park, di tempat itu mereka bertemu dengan Ellen Pehek, seorang ahli ekologi senior di Departemen Taman-taman dan Rekreasi Kotapraja New York.
 
Empat orang peneliti itu masuk taman, berjalan melalui permainan basket ball dan membelok dari jalan yang diaspal ke suatu jurang. Mereka turun landaian (lereng) yang curam, melewati batu -batu besar yang dimakan oleh arus air, membungkukkan potongan-potongan kayu -kayu rebar, oak dan maple, bingkah-bingkah tumbuh-tumbuhan menjalar beracun yang aneh sekali dan kongkret, dengan daun-daun sebesar tangan laki-laki. Jurang  itu menjadi  rata di tepi Jalan Raya Sungai Harlem. Para ilmiawan  berjalan ke utara sepanjang pagar yang berubah bentuknya oleh bertahun-tahun tubrukan-tubrukan mobil , sebelum mereka terjun kembali ke hutan untuk mencapai situs lapangan mereka.
 
"Kami mendapat banyak kunjungan polisi," kata Dr. Munshi-South, seorang asisten profesor pada universitas di tempat. "Kadang-kadang dengan mengacungkan senjata." Dr. Munshi-South  ikut serta dengan para ahli biologi terkemuka yang mempelajari evolusi kota, meskipun sedikit jumlahnya  tetapi terus bertambah  - bukan berkembang dan jatuhnya gedung-gedung pencakar langit dan lingkungan-lingkungan, tetapi perubahan-perubahan biologis yang ditimbulkan oleh kota-kota pada margasatwa yang mendiaminya.
 
(bersambung)

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by