Advertise Box

[ac-i] Diskusi Novel dan Buka Puasa di Salihara

 

Musyawarah Buku
Diskusi Dua Novel: Candik Ala 1965 dan Blues Merbabu
Pembicara: Amarzan Lubis dan Linda Christanty
Serambi Salihara | Kamis, 4 Agustus 2011, 19:00 WIB

"Candik Ala 1965" (KataKita, 2011) adalah sebuah novel karya Tinuk Yampolsky yang berkisah tentang peristiwa 1965 dengan tokoh utama Ni. Novel ini tidak semata-mata berbicara tentang pusaran politik di tahun 1965 dan sesudahnya, tapi juga bercerita tentang resiko-resiko yang harus diterima seseorang akibat peristiwa politik di tahun 1965.

"Blues Merbabu" (KPG, 2011) adalah novel karya Gitanyali. Novel ini bercerita perjalanan hidup seorang anak PKI bernama Gitanyali. Kisah dimulai dari lebaran di akhir 1965 yang mengubah hidupnya. Saat itu, ia masih SD di kota kecil di kaki Gunung Merbabu ketika menyaksikan sang ayah diambil aparat, dan tak pernah ketahuan lagi rimbanya. Sang ibu menyusul ditahan tanpa tahu kapan akan dibebaskan karena dianggap terlibat Peristiwa G30S. Kehidupannya berubah, keluarganya tercerai berai. Diasuh oleh sang paman di Jakarta, dunia Gitanyali terbuka lebar. Ia menempa diri untuk tidak kalah pada sang nasib. Ia menikmati kehidupan sebagai anak kebanyakan yang penuh godaan, termasuk dalam kehidupan seksual, tanpa terbawa arus. Ia memilih bertahan tanpa harus "melawan".

Ikuti diskusi dua novel ini bersama Amarzan Lubis (wartawan) dan Linda Christanty (sastrawan).

Sebelum diskusi buku akan disediakan buka puasa ala kadarnya pukul 18.00.

http://salihara.org/event/2011/07/25/diskusi-dua-novel-candik-ala-1965-dan-blues-merbabu

__._,_.___
Recent Activity:
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by