Advertise Box

[ac-i] Kolaborasi tari LeineRoebana (Belanda) & gamelan Kyai Fatahillah (Bandung) di Salihara

Epic - LeineRobana.jpg



LeineRoebana adalah kelompok tari modern yang didirikan oleh dua koreografer, Andrea Leine (Belanda) dan Harijono Roebana (Indonesia). Sejak 1990-an, kelompok ini telah dikenal dan menempati posisi penting dalam dunia tari di Belanda. Mereka juga telah beberapa kali tampil di Indonesia, misalnya di Erasmus Huis, Graha Bhakti Budaya dan Institut Kesenian Jakarta di Jakarta; Teater Arena Taman Budaya, Solo; Karta Pustaka, Yogyakarta; dan di Sunan Ambu STSI, Bandung.
 
Kedatangan LeineRoebana kali ini adalah untuk mendemonstrasikan karya terbaru mereka, Ghost Track. Bagi LeineRoebana, karya ini merupakan tempat pertemuan antara Eropa-Indonesia, yang kontemporer-yang tradisional, dan musik-tari—di mana semua elemen itu tidak lagi bersifat saling melengkapi, melainkan berpadu dan berkelindan.
 
Ide awal Ghost Track berangkat dari gamelan, yang bagi Leine dan Roebana memiliki karakter bunyi yang menarik dan menantang indra pendengaran. Kolaborasi ini kemudian melibatkan juga komposer Iwan Gunawan—yang memiliki akar seni musik tradisi Sunda dan memiliki pengetahuan musik kontemporer Barat. Dengan percampuran demikian, kedua koreografer ini mulai mengolah karya tari mereka. Pertanyaan mendasar yang mereka coba telusuri adalah perihal perbedaan yang mungkin akan nampak dalam gerak penari Eropa dan Indonesia. Jika penari berkomunikasi dengan gerakan, maka apakah budaya dan latihan yang dijalani masing-masing penari ini akan memberikan bahasa gerak yang berbeda? Ghost Track adalah sebuah eksplorasi yang dilakukan oleh dan terhadap satu sama lain—dengan konsekuensi mengeksplorasi diri sendiri dan tradisi yang menyertai masing-masing individu.
 
Kolaborasi antar para penari terlatih Indonesia dan Belanda ini dimulai pada 2009 melalui serangkaian workshop, latihan dan pertunjukan. Selama kolaborasi, para penari menemukan berbagai elemen yang saling bertautan: tradisi Indonesia terasa sangat kontemporer bagi rekan-rekannya yang berasal dari Eropa, sedangkan modernitas Eropa dapat begitu mudah diserap oleh tradisi-tradisi Indonesia.
 
Demonstrasi karya ini merupakan bagian dari latihan yang dilakukan oleh LeineRoebana di Indonesia pada Juli 2011 dan di Eropa pada Oktober 2011. Demonstrasi karya ini akan dilanjutkan dengan pertunjukan perdana di Belanda pada 18 November 2011. Pertunjukan lengkap selama 80 menit itu juga akan ditampilkan pertama kali di Asia sekitar Februari 2012 di Teater Salihara.
 
Selain mendemonstrasikan Ghost Track, LeineRoebana juga akan menampilkan salah satu karya yang tampil perdana di Chassé Theater Breda pada 14 Januari 2009, Ascent. Karya ini memperlihatkan kekuatan fisik yang kemudian bertransformasi menjadi kualitas yang magis. Ada suasana cantik namun gelap, yang menjiwai Ascent—berkat komposisi elektronik dari Yannis Kyriakides (—Trouw).
 
Musik yang digunakan dalam Ascent muncul dari relasi yang terbangun antara komposer Kyriakides dengan para koreografer: Leine dan Roebana. Lebih dari sepuluh tahun yang lalu, Kyriakides pernah menghasilkan musik untuk produksi LeineRoebana, Cantus Firmus. Para koreografer ingin kembali menggunakan musik ini, dengan cara yang lebih menonjolkan melodi. Awanya, komposisi ini terdiri dari cantus firmus; melodi yang sangat lambat yang ditingkahi dengan fragmen-fragmen suara—dibuat sedemikian rupa agar bisa dikombinasikan dengan banyak cara.
 
Pementasan Ghost Track dan Ascent  ini akan diselenggarakan di Teater Salihara pada hari Selasa, 02 Agustus 2011, pukul 20.00 WIB. Tiket seharga Rp 50.000,- (dan Rp 25.000,- khusus untuk pelajar/mahasiswa) dapat dipesan melalui tiket@salihara.org, 021-789-1202, 0817-077-1913, 0812-8184-5500, 0857-193-111-50, 021-9974-5934, 0838-9963-0361.
 
Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi info@salihara.org atau nomor-nomor telepon diatas. Buku program Juli-Agustus 2011 bisa diunduh di www.salihara.org.

Sampai bertemu di Komunitas Salihara!

Komunitas Salihara; Jl. Salihara 16, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520. Tel: 021-789-1202
.
 
(Parkir terbatas, kami melayani pemesanan taksi di tempat)

+ Add Your Comment

Sponsored by