Advertise Box

[ KHI ] Penulis Sejarah. (1)

 

Gordon S. Wood lebih dari seorang sejarawan AS. Ia  hampir merupakan suatu institusi AS. Dari sekian banyak guru dan penulis sejarah Republik ini, hanya beberapa yang memperoleh banyak penghargaan tinggi. Sebagian dari reputasinya timbul dari produktifitasnya - berderet-deret buku, monografi-monografi (risalah-risalah), artikel-artikel, ceramah-ceramah dan komen(tar)-komen(tar). Sekarang ia menambahkan "Refleksi Lahirnya AS"  (bersama dengan suatu edisi baru dari tulisan-tulisan  revolusioner John Adam dalam dua jilid). Lebih penting lagi dari produktifasnya, adalah kualitas karyanya, dan dayatariknya yang luas bagi para pembaca  dari kalangan kanan, kiri dan tengah - suatu gabungan yang jarang dan menyenangkan.Yang khusus  menyolok adalah hubungan Wood dengan kaum muda.
 
Buku Wood terakhir adalah suatu koleksi sebelas esei, bersama-sama dengan suatu pengantar dan kesimpulan,yang mencakup seluruh karirnya. Buku ini lebih menceritakan pengarangnya daripada karyanya  yang lain  apa saja dan menciptakan kesempatan untuk memberi penilaian pada seluruh  keberhasilan prestasinya. Wood memperkenalkan dirinya dengan satu garis yang terkenal dari penyair Archilochus: "Rubah mengetahui banyak hal, tetapi landak mengetahui satu hal yang besar." Ia memperkenalkan  rubah-rubah yang tumbuh dengan subur dalam ladangnya, dan ia menambah secara bersahaja, "Perbedaannya, sebagai seorang sejarawan saya khawatir saya adalah  landak yang sederhana ...... Hampir semua yang sudah saya terbitkan adalah menguraikan Revolusi AS dan konsekuensi-konsekuensinya.
 
Pokok persoalan itu telah menyibukkan Wood selama setengah abad -  suatu  rentang konsentrasi yang hanya sedikit dapat menandinginya. Dan setelah bertahun-tahun berkarya dalam bidang  sejarah, ia mengubah bentuknya. Para sarjana sejarah sebelum Wood memberikan banyak interpretasi dari Revolusi, tetapi tak ada satu interpretasi pun yang tampak  sungguh-sungguh benar bagi dia. Ia memusatkan karyanya pada tahun-tahun 1776 sampai 1828, suatu pilihan yang tidak lazim.
 
(bersambung).

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by