Advertise Box

[ KHI ] Sejarah Berakhirnya Perang Dunia II. ,(1).

 

Cerita denazifikasi Jerman setelah 1945 datang dalam dua versi. Lantaran orang-orang di negeri ini  mengetahui betul, maka mereka mengucapkan selamat pada Sekutu atas tugas yang dilakukan secara baik. Sekutu merubah kediktatoran yang paling kuat dam menakutkan di Eropa menjadi suatu demokrasi yang stabill, damai dan untuk pertama kali dalam sejarah. Itu adalah cerita waktu kita menjadi dewasa ketika perang dingin. Dalam dua karya yang duluan, Frederick Taylor mengasah suatu pendekatan yang efektif dan lancar pada cerita sejarah Jerman modern.Salah satu karyanya, "Dresden," mengenai pemboman Sekutu dalam tahun 1945, merupakan suatu latihan persuasif (yang meyakinkan) dalam penugasan kembali sejarah yang berlawanan, memperdebatkan dengan kuat bahwa kebalikan dari kesan umum, memang ada suatu dasar pemikiran militer untuk operasi pemboman itu.
 
Karya yang satunya lagi, "Tembok Berlin," dengan rapi juga memisahkan mitos dari realitas dengan melihat di balik simbolisme tembok itu bagi kepentingan geopolitik AS dan Sovyet. Karya "Mengusir Hitler" mempunyai unsur-unsur yang sama - andekdot-anekdot bersemangat dan kenangan-kenangan yang mengerikan, suatu kecerdasan  membaca segala macam buku dan bacaan luas dalam literatur ilmiah - tetapi Taylor belum memutuskan versi mana dari cerita pendudukan Jerman  yang ia ingin ceritakan, dan akibatnya ialah sedikit membingungkan. Hal itu sebagian mungkin karena Jerman dalam tahun 1945 merupakan suatu tempat yang membingungkan.
 
Pengaruh Hitler tak hilang-hilang dalam cara-cara yang tak terduga-duga. Waktu seorang perwira AS mewawancarai seorang politisi Sosial Demokrat dalam suatu kota yang baru dibebaskan, ia terkejut waktu lawan bicara yang dikira anti-Nazi, mulai mengangkat lengannya untuk memberi salam militer (salut) dan kemudian mulai berteriak-teriak mengenai perlunya untuk membersihkan negeri Jerman dari darahnya yang bernoda - dengan mana yang ia maksudkan adalah darah pro-Nazi. Mencoba untuk meramalkan tugas di depan, Sekutu secara hati-hati telah mempersiapkan saat waktu mereka masuk negeri Jerman. Para tim sejarawan dan para ahli ilmu pengetahuan sosial telah bekerja keras menulis buku-buku panduan, sejarah-sejarah ringkas dan penuntun-penuntun ke budaya Jerman.
 
(bersambung).

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by