Advertise Box

[ KHI ] Apresiasi Seni. (2). (selesai).

 

Barok (1600-1725).
 
Lukisan dan patung Barok penuh dengan emosi, daya hidup (vitalitas) dan gerakan. Kendati subyek-subyek agama masih lazim, pemandangan-pemandangan kehidupan sehari-hari menjadi lebih umum. Artis-artis Barok termasuk pelukis-pelukis Rembrandt dan Rubens dan pemahat Bernini.
 
Rokoko (1725-1775).
 
Perioda ini mencerminkan  watak kalangan-kalangan istana Perancis yang ringan dan tidak keruan sebelum Revolusi Perancis. Perhatian seni Rokoko adalah pada keindahan, maka para artis mengembangkan corak yang peka dan lembut. Lukisan-lukisan Jean Fragonard merupakan contoh-contoh corak ini.
 
Neoklasik (akhir abad ke-18).
 
Corak Neoklasik adalah suatu reaksi terhadap corak Rokoko yang dekoratif (yang bersifat menghiasi) dari istana-istana. Jacques David merupakan artis utama dari corak ini. Seni Neoklasik adalah kurang hiasan-hiasan dan menyampaikan idam-idaman  heroik (bersifat kepahlawanan)  bangsa Roma purbakala, bukan emosi-emosi gerakan Rokoko yang sentimental  (yang mengharukan).
 
Romantis (1800-1900).
 
Menyatakan emosi adalah kekuatan utama di belakangnya  Romantisisme. Menggambarkan peristiwa-peristiwa yang mengejutkan adalah satu cara para artis Romantis dapat mendatangkan emosi-emosi yang kuat. Rakyat biasa adalah para penonton seni pada waktu ini. Para artis tergantung pada penjualan karya-karya mereka daripada perlindungan suatu keluarga bangsawan. Delacroix, Manet, Degas, Rodin, Monet, Renoir dan Seurat adalah artis-artis zaman Romantis.
 
Artifak-artifak.
 
Para model (peragawan) dalam lukisan Rembrandt (1606-1669) "Penjaga Malam"  harus membayar supaya dapat dimasukkan dalam lukisan itu. Orang-orang di depan membayar lebih banyak daripada mereka yang di belakang.
 
(selesai).
 
Sumber: Daily News, 26 Juli 2011,
diterjemahkan secara bebas, dan
diberi beberapa anotasi seperlunya,
 
Salam Historia!
Sumar.

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by