Advertise Box

[ KHI ] Masa Depan Planit. (2).

 

Mengikuti jejak naiknya dan tersebarnya spesis manusia, sang pengarang memperbedakan dua visi kontemporer (sezaman) lagi mengenai proses dalam sandiwara. "The Medea hypothesis" yang dikembangkan oleh seorang ahli papeontologi, Peter Ward, mempertahankan pendapatnya bahwa seleksi alam menggerakkan spesis untuk memanfatkan sumber-sumber ke arah runtuhnya ekosistem , dan dengan demikian menghancurkan mereka sendiri.
 
Sementara sang pengarang sependapat bahwa teori ini menggambarkan kepunahan spesis dan peradaban, ia malahan sebaliknya memeluk "hipotesis Gaia." yang dikembangkan oleh seorang ahli ekologi, James Lovelock, yang melihat evolusi sebagai "suatu rangkaian hasil   menang-menang yang menciptakan suatu Bumi yang produktif, stabil dan bekerjasama" - setidak-tidaknya sampai ekosentris manusia menghalangi.
 
Sang pengarang melantur dalam hubungan-hubungan kita yang saling menguntungkan dengan spesis seperti lebah-lebah (tawon-tawon) honeyguide di  Afrika raya, yang menggunakan suatu panggilan yang tersendiri dan memperlihatkan diri  untuk menarik perhatian orang-orang ke sarang-sarang lebah (tawon) yang kemudian menjadi sumber makanan yang dibagi bersama. Hubungan-hubungan  semacam itu, ia menyesali, terhenti, karena "manusia-manusia yang malas," telah merubah dengan gula buatan industri yang melimpah-limpah, dan teknologi pada umumnya telah mengikis dan menghancurkan hubungan kita dengan alam.
 
Seruan sang pengarang pada kita untuk memeluk kembali hubungan itu adalah tepat dan menarik hati. Ia mendapat kesukaran, bagaimanapun, waktu ia mencoba untuk melukiskan  industrialisasi sebagai  "the toxic climax"(puncak  racun). Di sini, ia juga terlalu sering menarik kesimpulan-kesimpulan yang terus-terang, secara tak langsung, yang baik sekali di samping  data yang mendasari.
 
(bersambung).

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by