Advertise Box

[ KHI ] Melihat Dinosaur Hall.

 

Apakah anda pernah ingin dapat memecahkan beberapa misteri tentang dinosauria? Para peneliti pada Museum Nasional di pantai barat membangun sebuah hall dinosaur yang baru sama sekali sekitar misteri-misteri ini. Museum tsb menanyakan pada setiap tamu untuk berbagi kesenangan dan merenungkan pertanyaan-pertanyaan besar seperti misalnya: Seperti apakah dunia dinosauria itu? Bagaimanakah kehidupan dinosauria? Bagaimanakah tumbuh mereka? Bagaimanakah perilaku mereka?
 
Dinosaur hall memiliki satu-satunya pameran di dunia yang mempertunjukan seekor bayi Tyrannosauria rex, seekor anak T. rex dan seekor T. rex dewasa yang masih muda bersama-sama. Para ahli ilmu pengetahuan kagum melihat  bagaimana cepat monster (binatang ganjil) itu tumbuh. Waktu seekor Tyrannosauria rex lahir, adalah lebih kecil daripada seorang bayi manusia. Beratnya cuma beberapa pon dan besarnya kira-kira sama dengan seekor iguana.
 
Pada waktu T. rex semakin dewasa,  beratnya akan lebih dari 14,000 pon. Sewaktu masa remaja, beratnya bertambah menjadi 15,000 pon setahun. Seekor T. rex hidup hanya kira-kira 25 tahun lamanya. Sampai beberapa tahun yang lalu, para ahli ilmu pengetahuan mengira tiga ekor T. rex tadi termasuk spesis yang berbeda-beda. Tetapi kemajuan-kemajuan dalam sains, seperti menguji DNA dan membaca dengan cepat (scan) sinar-X yang dikomputerisasikan, menunjukkan bahwa fosil-fosil itu sebenarnya adalah T.rex - T.rex dari berbagai umur yang berbeda. Tidak ada seorangpun menyadari berapa banyak mereka berubah waktu tumbuh.
 
Dalam tahun 2009--2010, para ahli ilmu pengetahuan menemukan enam spesis Tyrannosauria. Kita sekarang mengetahui 20 Tyrannosaurus purbakala berbulu, Para pakar mengira T. rex muda mungkin berbulu juga. Berikut ini adalah pokok-pokok dari Dinosaur Hall:
 
Morenosauria.
Morenosauria berenang di samudera yang meliputi kawasan barat kira-kira 66 juta tahun berselang. Merupakan jenis plesiosauria. Plesisauria bukan dinosauria, tetapi reptil-reptil laut raksasa.
 
Koritosauria. 
 Koritosauria juga dikenal sebagai "kadal topi baja." Orang-orang mengira hiasan di bagian atas kepalanya mirip suatu topi baja serdadu. Para pakar mengira Koritosauria menggunakan hiasan itu untuk berkomuniasi dengan dinosauria-dinosauria lain. Koritosauria merupakan dinosauria yang berparuh seperti itik (bebek). Hidup kira-kira 77 juta tahun berselang. Para pakar mengira Koritosauria mungkin mengeluarkan udara dari hidung ke hiasan di dada untuk membuat bunyi-bunyi yang keras.
 
Mamencisauria.
Para mamencisauria panjangnyaa 68 kaki dari ujung ekornya sampai kepalanya. Hidup di Tiongkok kira-kira 160 juta tahun berselang. Specimen (contoh) yang terbesar di Dinosaur Hall. Yang terkecil adalah Fruitadens haagarorum yang kira-kira sebesar ayam.
 
Karnotaurusia.
Karnotaurusia adalah seekor dinosauria besar yang makan daging,  dari apa yang sekarang Argentina, di Amsel. Hidup kira-kira 70 juta tahun berselang. Memiliki lengan-lengan kecil dan kepala besar sekali  yang berisi gigi-gigi tajam seperti pisau. Panjangnya kira-kira 25 kaki dan beratnya kira-kira 2,000 pon.  Memiliki dua tanduk kecil di atas kepalanya, seperti sapi jantan. Arti dari nama Karnotaurusia adalah "sapi jantan yang makan daging."
 
(selesai)
 
Sumber: Daily News, Khamis,
21Juli 2011, diterjemahkan se-
cara bebas dan diberi beberapa
anotasi seperlunya.
 
Salam Historia!
Sumar.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by