Advertise Box

[ KHI ] Ilmu Pengetahuan Sebagai Institusi. (1).

 

Ilmu pengetahuan sebagai institusi di mana ratusan ribu laki-laki dan perempuan menemukan profesi mereka adalah suatu perkembangan yang sangat baru. Adalah hanya dalam abad ke-duapuluh bahwa profesi ilmu pengetahuan tiba untuk membandingkan kepentingannya dengan profesi-profesi Keruhanian dan Hukum yang jauh lebih tua. Adalah pula baru diakui  sebagai sesuatu yang berbeda dari, kendatipun bergabung pada, ilmu kedokteran dan ilmu teknik, pada waktu yang sama kedua ilmu pengetahuan tsb menjadi kurang tergantung pada tradisi dan lebih diserap oleh sains.
 
Asosiasi ilmu pengetahuan yang tumbuh dengan profesi-profesi yang dikhususkan cenderung untuk ditekankan pada pemisahan sains dari kegemaran umum dalam masyarakat. Kita nanti akan banyak membicarakan tentang asal dari pemisahan ini dan dari ketergantungannya pada fungsi-fungsi sains. Sekarang, bagi banyak kalangan di luar disiplin, sains kelihatannya seperti suatu aktifitas yang diadakan oleh para ahli sains.
 
Kata sains sendiri belum berumur lama. Whelewell pertama kali menggunakan kata "ahli sains" dalam tahun 1840 dalam "Falsafah Sains-sains yang Induktif: "Kami sangat memerlukan suatu nama untuk menggambarkan seorang pengusaha sains pada umumnya. Saya harus cenderung untuk menamakannya Ahli Sains."
 
 Kalangan ini dianggap terpisah: beberapa orang bekerja dalam laboratorium yang tidak jelas dan tidak dapat dimasuki dengan piranti-piranti yang aneh, lainnya menyibukkan diri dalam kalkulasi-kalkulasi (perhitungan-perhitungan) yang ruwet dan argumentasi-argumentasi, dan semua menggunakan bahasa-bahasa yang hanya dimengerti oleh rekan-rekan mereka.
 
(bersambung).

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by