Advertise Box

[ KHI ] Distant planet's time is a relative thing.

 

Neptune ditemukan setelah planit Uranus tidak melalui jalan yang tepat seperti yang diharapkan oleh para ahli astronomi. Seorang ahli astronomi Inggeris, John Couch Adams, memperhitungkan bahwa gerakan Uranus dipengaruhi oleh dunia lain yang menyentakkan gravitasinya gerakan Uranus. Adams memahami dimana planet baru mungkin muncul; tetapi tidak seorangpun di Inggeris menghiraukan untuk mencarinya.
 
Hal yang sama terjadi pula di Perancis dimana Urbain Le Ferrier secara terpisah mengadakan perhitungan yang sama. Tetapi Le Ferrier memperlihatkan perhitungan-perhitungannya pada seorang ahli astronomi Jerman, Johann Gale yang menemukan planit baru itu - pada akhirnya menamakannya Neptune - pada pencarian di waktu malam yang pertama!.
 
Hal itu terjadi dalam bulan September 1846 ... tepat setahun kemudian. Pertimbangkan hal ini, definisi dari kata "tahun," seperti banyak hal yang lain adalah relatif. Kita mendefinisikan kata "tahun" pada waktu Bumi memerlukan untuk mengorbit matahari satu kali. Kita lebih tepat bila kita berbicara hal ini sebagai "Tahun-bumi," karena setiap planit memerlukan waktu yang berbeda untuk mengorbit bintang kita.
 
Mercury terletak sedemikian dekatnya pada matahari sehingga hanya 0.24 tahun-Bumi diperlukan untuk satu orbit sama sekali. Bagi suatu Mercurian hipotetis, hal ini adalah "satu tahun." Neptune itu sebegitu jauh sampai memerlukan 165 Tahun-bumi untuk cuma satu kali mengorbit matahari, dan 165 tahun dari tahun 1846 adalah tahun 2011.
 
(selesai).
 
Sumber: Sky Watch, di harian setempat,
Sabtu, 2 Juli 2011, diterjemahkan secara
bebas dan diberi beberapa anotasi
seperlunya.
 
Salam Historia!
Sumar.

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by