Advertise Box

[ KHI ] Debu Kosmis, Ditemukan Dalam Kuantitas Besar Sekali.

 

Kendatipun diketahui bahwa supernova, ledakan keras bintang, adalah satu sumber debu kosmis, asal dari sejumlah besar debu yang diperlukan untuk membentuk planit-planit dan bintang-bintang seperti Matahari sudah lama tidak jelas. Sekarang, dengan bantuan Observatori Ruang Angkasa Herschel di Eropa telah memungkinkan untuk menemukan sejumlah debu kosmis secara besar-besaran yang dipancarkan dari supernova hampir 25 tahun yang lalu.
 
"Kami memandang ke langit pada gelombang-gelombang yang belum pernah diamati sebelumnya, kata Mikako Matsura, seorang ahli astronomi pada University College London dan pengarang utama studi. Nona itu dan rekan-rekannya melaporkan temuan mereka dalam jurnal Sains. Supernova itu terjadi dalam tahun 1987 dalam galaxy yang dikenal sebagai Awan Magelannis Besar, kira-kira 169,000 tahun cahaya jauhnya.
 
Cahaya dari supernova menyoroti cincin besar sekali dari material yang lebih dari enam juta panjangnya, Herschel, yang dikirim ke orbit dalam tahun 2009,  berhasil menemukan butir-butir debu sangat dingin dalam cincin. Debu di tengah-tengan sisa-sisa bintang adalah kira-kira 420 derajat Fahrenheit, Dr. Matsura mengatakan.
 
Ia dan timnya melaporkan bahwa ledakan itu membangkitkan cukup debu dingin untuk membentuk lebih dari 200,000 Bumi. Ledakan-ledakan itu adalah cukup, mereka yakin, untuk menciptakan awan-awan debu besar yang terlihat dalam galaxi-galaxi muda. Mempelajari debu ini dengan teleskop Herschel dan lain-lain teleskop, para peneliti mengharapkan untuk lebih mengerti dengan baik bagaimana galaxi-galaxi, termasuk Bimasakti, terbentuk.
 
"Planit-planit dibikin dari debu antarbintang (interstellar), dan demikian juga semua makhluk di planit-planit," kata Michael Barrow, seorang ahli astronomi lain pada University College London dan seorang pengarang-bersama studi. "Kita dibikin dari debu antarbintang (interstellar), pada akhirnya.
 
(selesai)
 
Sumber: Observasi suratkabar
setempat, diterjemahkan secara
bebas, Selasa, 12 Juli 2011,
dan diberi beberapa anotasi
seperlunya.
 
Salam Historia!
Sumar.

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by