Advertise Box

[ KHI ] Daya Kenangan Dulu dan Sekarang.. (1).

 

Para peneliti sudah lama mengetahui bahwa otak menghubungkan semua hubungan fakta-fakta baru, berhubungan atau tidak, waktu mereka mendengar pada waktu yang sama. Benar-benar seperti halnya dengan rasa  kuweh dan teh dapat mulai mengucurkan kenangan masa anak-anak, demikian pula sedikit p.r. sejarah dapat membawa kenangan suatu soal matematika - atau makanan kecil - dari malam yang sama.
 
Untuk pertama kali, para ahli pengetahuan mencatat bekas-bekas dalam otak dari macam kenangan yang berhubungan dengan konteks  kenangan (dilihat dalam hubungan kenangan), kaleidoskop pikiran-pikiran dan emosi-emosi yang selalu berubah-rubah yang mengelilingi tiap potong informasi yang baru didengar.
 
 Catatan-catatan ini, yang diambil dari otak-otak orang-orang yang menunggu operasi  epilepsi (penyakit ayan, kejang-kejang), memberikan kesan bahwa kenangan-kenangan baru bahkan dari fakta-fakta yang abstrak  - suatu katakerja bahasa Inggeris, misalnya, - ditulis dalam kode pada suatu urutan penembakan sel otak yang juga berisi informasi mengenai hal lain yang terjadi selama itu dan yang baru saja sebelum kenangan terbentuk, apakah suatu impian yang indah atau frustasi dengan suatu pertandingan sepak bola.
 
Studi baru itu memberikan kesan bahwa kenangan itu seperti suatu video mengalir yang dicatat, baik secara sadar maupun bawah sadar, dengan fakta-fakta, adegan-adegan, watak-watak dan pikiran-pikiran. Para pakar memperingatkan bahwa laporan yang baru  mengecewakan sekali waktu menyatakan bagaimana hubungan kenangan dengan konteks  dan isyarat-isyarat yang berbeda berinteraksi; beberapa kata mungkin melemparkan pikiran ke dalam lamunan (angan-angan) yang hidup, sementara yang lain-lain tidak.
 
Tetapi laporan itu memang memberikan suatu pandangan (penglihatan) sekilas ke bagaimana otak menempatkan kenangan-kenangan pada tempatnya dan waktunya, "Hal itu membuktikan ide  yang sangat mengagumkan bahwa anda mempunyai sisa-sisa pikiran-pikiran sebelumnya yang masih melantur-lantur sekitar kepala anda, dan anda mengikat gambaran apa yang sekarang terjadi pada pikiran-pikiran lama yang sudah hilang," ucap Ken Norman, seorang ahli ilmu syaraf pada universitas di tempat, yang tidak ikut berpartisipasi dalam studi.
 
(bersambung).

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by