Advertise Box

[ KHI ] Bagaimana Ikan-ikan Paus Menyelamatkan Diri dari Abad-abad Es.

 

Bagaimana Ikan-ikan Paus Menyelamatkan Diri dari Abad-abad Es.
Seperti halnya dengan saudara-saudara sepupunya, yang bungkuk dan yang biru, jumlah penduduk ikan paus kelabu pantai barat sempat habis sama sekali karena industri penangkapan ikan paus (catatan: di ambil minyaknya untuk penerangan, sebelum ada  listerik, merupakan industri utama di pantai timur Pulau Panjang abad-abad yang lalu). Tetapi para peneliti melaporkan bahwa sampai kehadiran manusia, ikan paus kelabu pantai barat sungguh ajaib ulet (tabah).
 
Studi baru yang diterbitkan dalam jurnal PloS mengemukakan bagaimana, selama beberapa juta tahun berselang, ikan-ikan paus menyelamatkan diri dari abad-abad es yang memotong segala jalan migrasi (perpindahan tempat) dan menyesuaikan makanan mereka. Para peneliti, dari suatu lembaga di ibukota negara dan suatu universitas di pantai barat mempelajari sejarah ekologi ikan-ikan paus kelabu yang hidup di lepas Pantai Pasifik.
 
Mereka mengatakan bahwa sebelum kehadiran industri penangkapan ikan paus, jumlah penduduk ikan paus kelabu adalah dua sampai empat kali angka sekarang,  kira-kira 22,000. Selama perioda-perioda sungai es yang hebat, perpindahan tempat ke wilayah Selat Bering yang tertutup es adalah mustahil. Tetapi hal itu menyebabkan penurunan yang tajam dalam jumlah penduduk ikan paus, mungkin telah menimbulkan kemacetan genetika, atau perkawinan antara keluarga-keluarga ikan-ikan paus yang dekat (kawin sedarah), yang jelas dalam DNA mammal (binatang menyusui) tsb.
 
Sedemikian jauh, kata para pengarang, tidak ada penilai genetika yang ditemukan. Malahan, mungkin juga bahwa ikan-ikan paus memperluas tempat mereka makan, merubah ke lajur air dasar laut. Dengan tenaga jasmaniah (badaniah), mereka dapat hidup secara langsung dari lajur air tsb, kata seorang pengarang studi, Nicholas D. Peynson, direktur bagian mammal-mammal (binatang-binatang menyusui) di suatu lembaga di ibukota negara.
 
Sekelompok ikan paus kecil kelabu di Pasifik, yang hidup antara negarabagian Wash. dan Pulau Vancouver di Kanada, tidak berpindah tempat sama sekali dan mencari mangsanya semata-mata ikan di lajur air daripada di dasar laut. "Jumlah penduduk ikan paus ini membuktikan bahwa mereka memiliki kekenyalan ekologis," ucap Dr. Peynson.
 
(selesai).
 
Sumber: Observatory suratkabar
setempat, 12 Juli 2011, diterjemahkan
secara bebas dan diberi beberapa
anotasi seperlunya.
 
Salam Historia!
Sumar.
 
 
 

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by