Advertise Box

[ KHI ] Hartabenda-hartabenda Pleistocene, pada Kecepatan Sangat Berbahaya. (1).

 

Dua skala zaman berbeda di tempat ini. Lebih dari 130,000 tahun yang lalu di kedalaman-kedalaman berudara dingin abad es  wilayah yang bernama Illinois, suatu sungai es (glasir) meninggalkan lubang di atas punggung bukit yang tingginya 9,000 kaki di dekat apa yang akan menjadi kota Aspen dalam pusat Colorado yang berbatu-batu. Bagian yang rendah terisi cairan salju, dan selama  puluhan ribu tahun, danau yang kecil menarik binatang-binatang besar pleistocene - mammoth-mammoth, mastodon-mastodon, kungkang-kungkang darat (ground sloths) yang berukuran setengah beruang-beruang yang sangat besar dan buas (grizzly bears), bison (semacam kerbau) berukuran sangat besar, onta-onta dan kuda-kuda - yang datang untuk minum, dan pada umumnya untuk mati, di lumpur salju pegunungan tingg.
 
Skala yang kedua adalah lebih seperti seperti gerak seorang pelari . Para ahli ilmu pengetahuan hanya mempunyai 70 hari - jumlah hari yang dihadapi oleh cuaca musim dingin pegunungan dan masalah hukum - untuk mencari endapan-endapan (keladak-keladak) dari dasar telaga tua guna memperoleh sisa-sisa binatang-binatang purbakala itu. Hal itu adalah dari tanggal 14 Oktober, waktu para pekerja pada bendungan waduk air menyerahkan fosil-fosil tulang yang pertama (dari mammoth betina muda yang cepat diberi nama panggilan Snowy) pada akhir pekan yang lalu, waktu pekerjaan pada waduk air dimulai lagi.
 
Suatu jadwal kontrak yang tepat memerintahkan bahwa waduk air itu yang akan menyediakan air pada rumah-rumah dan tempat-tempat penginapan olah raga ski, harus diselesaikan pada akhir tahun ini. Akibatnya adalah menjalankan cepat-cepat dalam keadaan kalut untuk menemukan dan mendaftarkan segala sesuatu yang mungkin sebelum tempat itu dikubur sekali lagi dengan air. Kecepatan yang sangat berbahaya dari penggalian fosil ini hanya ditandingi oleh apa yang dikatakan para ahli ilmu pengetahuan, kekayaan tempat ini yang luarbiasa merupakan salah satu jendela terbaik ke dalam zaman megafauna (binatang-binatang besar sekali) berderap.
 
(bersambung).
 
  

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by