Advertise Box

[ KHI ] Berakhirnya Zaman Puntalan (Kumparan), Impian-impian Ruang Angkasa Tetap Hidup.

 

Berakhirnya Zaman Puntalan (Kumparan), Impian-impian Ruang Angkasa Tetap Hidup.
Pada bulan April 1981, rupa-rupanya puntalan (kumparan) ruang angkasa telah merupakan bagian dari bentang darat selama-lamanya. Bergemerlapan putih di bawah matahari pada siang hari dan lampu-lampu sorot yang memandikan semalam suntukk, kelompok-kelompok panah api (cerawat), pesawat ruang angkasa dan tangki bahan bakar raksasa yang seperti telur tampak seperti suatu tebing batu yang terjal mengubah urutan ke pantai lembab (lengas). Sudah tentu terlalu besar untuk pindah yang sesungguhnya. Puntalan (kumparan) adalah suatu urusan yang besar.
 
Tetapi sekarang, setelah tigapuluh tahun penerbangan-penerbangan puntalan (kumparan), misi terakhir yang sesungguhnya sedang dipersiapkan untuk diluncurkan pada hari Jum'at. Manusia tidak menjadi lebih dekat pada bintang-bintang seperti sebelumnya, dan acara ruang angkasa kecai-kecai. Sampai perjalanan itu melewati lapisan empuk dalam tahun 1981, acara ruang angkasa adalah sesuatu yang diamati pada suatu televisi hitam-dan-putih kecil. Mula-mula mengambil gambar Bulan, kemudian Mars. Tetapi sejarah tidak sesuai dengan rencana.
 
Pada tahun 1981, satu dasawarsa setelah keagungan pendaratan ke bulan, baru enam tahun kemudian perjalanan yang penuh risiko ke ruang angkasa, dan para penulis tajuk rencana meratapi "mundur dari ruang angkasa." Puntalan (kumparan) seharusnya dapat dipergunakan lagi untuk mengadakan penerbangan ruang angkasa yang murah dan hampir rutin seperti penerbangan udara,dan peluncuran-peluncuran satelit tidak banyak peristiwanya seperti mengantarkan surat.
 
(Selesai).
 
Sumber: Artikel harian setempat,
Selasa,5 Juli 2011,diterjemahkan
secara bebas,dipersingkat dan
diberi beberapa anotasi seperlunya.
 
Salam Historia!
Sumar.

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by