Advertise Box

[ KHI ] Pencerahan dan Perputaran

 

Newton dan Locke.
 
Teori politik dan ekonom menjadi ilmu-ilmu sosial utama abad kedelapan belas. Dengan perkembangan mereka, hubungan antara ilmu-ilmu jasmaniah dan sosial menjadi sangat dekat. John Locke (1633-1704), teman pribadi Newton, ia sendiri seorang ilmuwan dan seorang dokter yang menjalankan profesinya, memalingkan ke ide-ide baru ilmu pengetahuan untuk membenarkan pemerintahan kompromi yang revolusi agung tahun 1688 adakan. Pemerintahan ini secara efektif memberikan semua kekuasaan pada para pedagang di kota dan aristokrat-aristokrat pemilik tanah, yang bersama-sama membentuk kelas baru.
 
Yang mereka semua ingkinkan adalah keamanan dari campur tangan baru kerajaan yang sewenang-wenang atau dari perebutan kekuasaan dari bawah, dan mereka bersedia untuk memerintah dalam cara yang sopan dan berdasarkan undang-undang selama mereka dapat laksanakan dan mengurus  undang-undang mereka sendiri. Locke sendiri membantu mendirikan Dewan Perdagangan dalam tahun 1696 (kemudian Dewan Pengurus Perdagangan), upaya pertama yang terorganisasi untuk  mempergunakan metoda-metoda matematika baru pada urusan umum.
 
Sangat luarbiasa sesuai sekali telah menemukan bahwa alam semesta sendiri juga berjalan di atas hukum-hukum abadi dan dengan konstitus yang baik tidak ada alasan mengapa apa saja  harus berubah lagi.
 
Catatan pribadi: John Locke berpengaruh pada penyusunan hak-hak asasi  sebagai lampiran Konstitusi AS. Ia mempunyai teori pula yang bernama TABULA RASA,. Menurut teori ini, anak-anak kecil dapat dibentuk, karena masih seperti sebuah  batu tulis (tabula) yang bersih, dapat ditulis apa saja kemauan kita.
 
(selesai).
SUMBER: Science and History,
J.D.Bernal, 1954, diterjemahkan
secara bebas. dan diberi beberapa
anotasi seperlunya.
 
Salam Historia!
Sumar.
 
 

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by