Advertise Box

[ KHI ] Sejarah Moderen Negeri Yang Kesusahan, (2). Selesai.

 

Kamboya merupakan salah satu negeri yang termiskin di dunia. "Di antara negara-negara Asteng," pengarang menulis, "cuma Birma yang lebih miskin, berdasarkan per kapita." Sedikitnya 30 persen dari orang-orang Kamboja berpenghasilan kurang dari sedolar sehari. Kira-kira 40 persen dari anak-anak menderita terhalang pertumbuhannya (kegagalan untuk berkembang oleh karena kurang gizi). Dalam tahun 2010 hanya 30 persen dari murid-murid sekolah menengah mengikuti pelajaran di kelas.
 
P.M.yang menjatakan dirinya sendiri sebagai "yang paling lama berkuasa," menurut pengarang  adalah seorang kleptokrat yang kejam. Korupsi tersebar luas. Orang yang sakit bisa mati menunggu pengobatan jika mereka tidak dapat membayar suapan-suapan kepada dokter-dokter di rumah-rumah sakit.Selain dari statistik-statistik penderitaan, "Kutukan Kamboja," pada waktu paling memuncak, menghargai peranan negeri-negeri kaya dalam bencana ini.  Tiap tahun selama lebih dari satu dasawarsa, pengarang menceritakan, organisasi-organisasi dan negeri-negeri membuat permintaan-permintaan  sumbangan yang ditanggapi oleh P.M. dengan undang-undang anti korupsi.
 
Tetapi sekali uang dijanjikan, undang-undang tsb akan tertunda setahun lagi. Sebagai akibatnya dari kemacetan in, para donor memberikan 18 bilyun dolar pada tahun 2010, pada dasarnya tanpa ikatan-ikatan sebelum undang-undang tsb diberlakukan. Dan akhirnya waktu diterima sebagai undang-undang tahun lalu, dimusnakan menjadi tidak bearti. "Beberapa orang Kamboja dan lain-lainnya. tetap keheran-heranan oleh perilaku para donor," pengarang menulis. "Mengapa mereka tidak menahan bantuan?" Menggemakan Dambisa Moyo, seorang ahli ekonomi, bahwa ekonomi adalah simbiotis. "Bila memotong bantuan kepada pemerintah, seperti yang dituntut oleh kelompok-kelompok HAM, banjak donor akan kehilangan pekerjaan-pekerjaan mereka."
 
(selesai)
Sumber: Resensi buku, harian
setempat. Ahad, 26 Juni 2011,
diterjemahkan secara bebas, di-
persingkat dan diberi anotasi
seperlunya.
 
Salam Historia!
Sumar.
 
 
 
 

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by