Advertise Box

[ KHI ] Jika matahari meledak, tidak akan terdengar suaranya

 

Dalam tahun 1979, film "Alien" dipromosikan dengan suatu ungkapan yang sekarang menjadi terkenal: "Di angkasa tidak ada seorangpun yang dapat mendengar anda berteriak." Dan tidak ada seorangpun yang dapat mendengar bintang meledak. Mengapa? Meskipun semua bintang yang kita lihat di langit malam, planit-planit yang mungkin mengorbit mereka, awan-awan gas sisa bintang-bintang yang meledak dan atom-atom yang sesat (kesasar) terapung-apung antara bintang-bintang, angkasa sebagian besar adalah suatu vakum kosong (hampa). Hal itu tidak mengganggu cahaya.Cahaya tersusun dari partikel-partikel (butir-butir) yang dinamakan photon-photon yang cepat-cepat melalui ruang kosong dengan kecepatan yang mengejutkan, 186,000 mil tiap sekon.
 
Tetapi gelombang-gelombang bunyi adalah berbeda. Gelombang-gelombang bunyi memerlukan beberapa  bahan untuk mengadakan perjalanan melalui: gas yang cukup padat (seperti udara sekitar kita), cairan (seperti air) atau benda-benda padat (seperti langit-langit rumah susun, atau batas tertinggi rumah susun).Tak sama (tak serupa) dengan cahaya, dengan bunyi mediumnya (perantaranya) secara harafiah adalah pesannya: Apa yang kita dengar sebagai bunyi secara sederhananya adalah bahan yang bergetar. Maka jika tetangga anda di tingkat atas rumah susun (apartemen) berjalan melalui  lantainya, langit-langit rumah susun anda  mulai bergoyang, getarannya melalui ke dalam udara di bawah.
 
Waktu molekul-molekul udara memadatkan (kompres) dan terebar, gelombang-gelombang molekul melewati telinga anda. Gendang pendengaran anda mulai bergetar pula. Otak anda menafsirkan bunyi ("Tetanggaku yang ribut (gaduh) mulai lagi!"). Tetapi dalam ruang yang vakum (hampa), adalah sunyi yang mengerikan (menakutkan). Tidak sama seperti dalam film-film, meskipun anda terapung-apung dalam baju angkasa, dekat roket yang lewat, anda tidak akan mendengar tembakan mesin-mesinnya (kendatipun anda akan silau oleh cahaya yang berapi-api). Suatu ledakan di angkasa akan menjadi tontonan visual yang sunyi, seperti petasan (mercun) yang bercahaya dan tidak ada suara ledakan.
 
(bersambung).
 
 

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by