Advertise Box

[ KHI ] Sesendok penuh obat, diperdagangkan .......... (2). Selesai.

 

Tetapi bintangnya pertunjukan mungkin adalah kesan tunggal yang dimaksudkan bukan untuk membujuk maupun untuk menakutkan tetapi untuk mendidik dan membuat orang tertawa. Buku pelajaran anatomi dan fisiologi lima-jilid yang Fritz Kahn, seorang Jerman ahli fisiologi, keluarkan dalam tahun 1920an dihiasi dengan gambar berwarna yang dilipat sebesar poster melukiskan "Manusia sebagai Istana Industri" (Der Mensch  als Industriepalast) , suatu karya yang menggabungkan anatomi manusia. Di atas, dalam ruang-ruang otak, dua kelompok manusia kecil  yang berpakaian jas dan dasi berunding sekeliling meja-meja konperensi yang kecil: mereka sudah pasti melambangkan Kemauan dan Alasan. Didekatnya, seorang laki-laki berkemeja pendek dan telepon kepala menjalankan suatu telegrap: ia melambangkan Pendengaran, sedang pemotret didekatnya melambangkan Penglihatan.
 
 Alat beroda memindahkan butir-butir makan sepanjang alat pencerna makanan, dibantu oleh pekerja-pekerja kecil dengan penggaruk-penggaruk dan cerek-cerek (ceret-ceret) berisi enzim (enjima) pencernaan.. Di bawah dalam Tulang Sungsum ,seorang pekerja tangan yang ahli membubuhi cap  pada sel-sel darah merah. Gambar itu seolah-oleh hidup dan perencana zaman sekarang, Henning M. Lederer, dari Jerman, telah melakukannya, dalam suatu film pendek yang mempesonakan di samping gambar yang dilukiskan (litograp) sebenarnya. Tiap pendalaman sejarah kedokteran  mungkin akan dapat menghasilkan suatu  kumpulan refleksi-refleksi umur pendek sebagian besar nasihat kedokteran yang baik dan sifat  abadi motivasi di belakang layarnya.
 
Altruisme (sifat mementingkan kepentingan orang lain) dan kesukaran menarik perhatian selalu saling berkaitan. Kenyataannya, William H. Helfand, seorang pensiunan eksekutife paberik obat dan pengumpul obat yang dapat  dikenang dan donasinya (sumbangannya) ke museum termasuk 50 benda aneh dalam pertunjukan, tercatat dalam katalogus (buku pendaftaran barang-barang(, mengaku menyesali para penjual obat paten (obat yang sudah jadi), sebagai "melambangkan para leluhur." Gambar-gambar yang tegas dalam pertunjukan cepat satu refleksi lagi. Sewaktu pengertian teknis kita tentang kesehatan menjadi lebih kabur dalam bayangan-bayangan kelabu, menjadi bisu oleh risiko dan keuntungan dan diiris dan dipotong-potong oleh statistik, tuntutan-tuntutan besar  timbul di atas dinding-dinding ruangan pameran adalah lebih menarik hati ketimbang sesungguhnya.
 
Katakanlah padaku apa yang harus kuperbuat, mereka bilang,. Berikan padaku sesuatu yang bisa dikerjakan.Tidak ada dokter sekarang dapat melalukan salah satu pula, tanpa banyak penolakan (sangkalan), tetapi itu tidak berarti setiap orang telah berhenti meminta.
 
Sumber: Artikel dalam harian setempat,
Selasa, 21 Juni 2011, diterjemahkan se-
cara bebas. dipersingkat dan diberi be-
berapa anotasi seperlunya.
 
Sa;lam Historia!
Sumar.

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by