Advertise Box

[ KHI ] Penghormatan perbintangan kepada ratu Mesir Purbakala.

 

Sekali tempo. kita menghadapi perbintangan yang berhubungan dengan orang hidup. Demikianlah kasus minggu ini jika kita keluar rumah setelah petang dan melihat ke barat. Di sana di baratlaut, anda akan bertemu bintang Biduk, yang bukan suatu perbintangan tetapi suuatu "asterjsme." sekelompok bintang yang agaknya memperlihatkan garis bentuk yang sudah kita kenal. Ikutilah liku gayung Biduk dari mangkuknya, dan anda akan bertemu dengan bintang Arcturus yang cemerlang kekuning-kuningan jingga tua dan bintang Spica kebiru-biruan putih rendah di baratdaya.
 
Adalah dalam busar yang terbentuk oleh tiga titik perbintangan bahwa kita menemukan perbintangan Coma Berenic, yang menggambarkan rambut berwarna kuning gading dari Ratu Berenice, Mesir Kuno, isteri dari Ptolemeus III. Ceritanya mengatakan kepada kita bahwa Ptolemeus III berperang  lama melawan bangsa Asiria untuk membalas dendam pembunuhan saudaranya perempuan. Untuk menghormati perjalanannya pulang, isteri Ptolemeus III yang bernama Berenice, memotong rambutnya dan meletakkannya pada altar candi untuk dipersembahkan kepada Aphrodite, dewi Yunani kecintaan dan kecantikan.
 
Malam itu, waktu perayaan berlanjut, seseorang menemukan rambut Berenice hilang, Untuk menghindari kepanikan, Conor dari Samos, seorang ahli astronomi, menyatakan bahwa Aphrodite telah menerima persembahan dan menghormati rambut Berenice dengan suatu tempat di surga. Selama bulan Juli atau begitu, Coma Berenice akan musna dari pandangan awal malam sampai musim semi berikutnya, jadi pastikanlah untuk keluar rumah  dan mencari  penghormatan  perbintangan kepada Berenice, Ratu Mesir!
 
Sumber: Tulisan Dennis Mammana, harian
Pulau Panjang, Sabtu, 25 Juni 2011,  diter-
jemahkan secara bebas, dan diberi beberapa
anotasi seperlunya.
 
Salam Historia!
Sumar.

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by