Advertise Box

[ KHI ] Di Angkasa, Lubang Hitam Menelan Bintang Yang Akan Mati.

 

Dalam apa yang  kedengarannya seperti semacam misteri pembunuhan, suatu bintang yang akan mati telah jatuh ke dalam lubang hitam  dan telah dirobek sehingga terlepas. Peristiwa ini, yang diamati pada tanggal 28 Maret, semula dikira sinar gamma  yang meledak dari bintang  runtuh, tetapi para peneliti curiga sesuatu yang lebih menakutkan sedang bermain. Penemuan-penemuan mereka muncul dalam makalah-makalah yang diterbitkan oleh jurnal Science.  Sinar gamma tradisional meledak melibatkan hujan besar photon-photon energi-tinggi melalui udara.  Mereka umumnya akibat dari peledakan suatu  bintang atau waktu dua benda bertabrakan.
 
Dalam kasus ini, peledakan ini lamanya luar biasa, kata Joshua Bloom, seorang pembantu profesor astronomi dan pengarang pertama salah satu pengkajian. Peledakan juga datang dari pusat bimasakti empat bilyun tahun cahaya jauhnya. Sebagian besar bimasakti dikira memiliki lubang-lubang hitam di tengah-tengan mere,, suatu penunjuk pada Dr. Bloom dan rekan-rekannya.  "Para ahli astronomi tidak begitu banyak bedanya dari agen-agen barang tidak bergerak - lokasi, lokasi, lokasi," ujarnya. "Gambaran ini telah muncul untuk saya dan saya lihat bahwa ini adalah lubang hitam menelan suatu bitang."
 
Tim menggunakan data yang dikumpulkan oleh Misi Cepat Ledakan Gamma, untuk menegaskan teori mereka. Mereka juga menelaah data historis untuk melihat peristiwa-peristiwa yang sama yang melibatkan lubang hitam yang sama, tetapi mereka tidak menemukan peristiwa-peristiwa lainnya.  "Ini adalah peristiwa tunggal dalam sejarah umat manusia," Dr. Bloom bilang. "Lubang hitam  ini  kalau tidak akan tidur , suatu bintang menjadi terlalu dekat, gasnya robek terbuka dan dengan melakukan demikian, beberapa dari gasnya menyembur ke luar."
 
Masih ada sejumlah pertanyaan tidak terjawab yang para peneliti jajaki, seperti berapa besar bintang dibandingkan dengan matahari, berapa dekat dengan lubang hitam, dan peranan putaran lubang itu dalam peristiwa ini.
(selesai).
Sumber: Observasi, harian setempat,
21 Juni 2011, diterjemahkan secara
bebas dan diberi beberapa anotasi
seperlunya.
Salam Historia!
Sumar.
 
 
 
 

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by