Advertise Box

[ KHI ] Permukaan Bulan Saturn Mungkin Menyembunyinkan Samudera Asin.

 

Permukaan Bulan Saturn Mungkin Menyembunyikan Samudera Asin.
Lima tahun berselang, para ahli ilmu pengetahuan menemukan bahwa Enceladus, salah satu bulan Saturn, mempunyai keuntungan-keuntungan seperti air mancur panas, memuntahkan uap air dan unsur-unsur es. Keuntungan-keuntungan ini berasal dari penyimpanan air garam, menurut studi baru yang diterbitkan online oleh jurnal Alam. "Kami menemukan bahwa keuntungan ini terbagi atas tingkatan-tingkatan dalam suatu komposisi es," kata Frank Postberg, seorang ahli astrophysics pada Universitas Heidelberg di Jerman. "Dan semakin rendah anda pergi, semakin banyak butir es yang kaya garam anda ketemukan."
 
Dr. Postberg dan teman-teman bekerjasama mencicipi contoh-contoh butir-butir es dari keuntungan-keuntungan yang terkumpulkan dari pesawat angkasa. Analisis menemukan bahwa butir-butir yang kaya garam terbuat lebih daripada 99 persen zat padat yang disemprotkan dalam keuntungan-keuntungan Enceladus. Para peneliti berteori  bahwa sebenarnya ada dua penyimpanan air yang dihubungkan pada dua keuntungan itu. Yang pertama adalah tempat penyimpanan air es, dekat pada permukaan bulan yang secara langsung memberi isi pada keuntungan-keuntungan. Tetapi memberi isi kepada penyimpanan ini, kemungkian besar sekali, penyimpanan air garam yang lebih besar dan lebih dalam, Dr. Postberg mengatakan.
 
"Kami membayangkan bahwa antara es dan inti es ada suatu samudera yang dalam dan bagaimanapun juga berhubungan pada permukaan penyimpanan air," Enceladus, bulan keenam Saturn, adalah licin karena es, dan cuma lebih dari 300 mil lebarnya. Kehadiran air membuat salah satu yang sedikit dari tempat-tempat yang lain dalam sistem solar di mana terdapat hidup. Tetapi kendati hal ini bukan pokok persoalan yang sebenarnya, hal ini membuat hidup di luar Bumi lebih masuk akal, Dr. Postberg mengatakan. "Bila ada air di suatu tempat yang sedemikian tak terduga," ujarnya, "akan tetap memungkinkan hidup di seluruh alam semesta."
 
(selesai).
 
Sumber: Observatori, harian setempat
Selas, 28  Juni, 2011, diterjemahkan
secara bebas dan diberi beberapa ano-
tasi seperlunya.
 
Salam Historia!
Sumar. 

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by