Advertise Box

[ KHI ] Para ilmuwan menciptakan laser dengan cermin-cermin dan sel

 

Para ahli fisika dari Fakultas Kedokteran Harvard telah menciptakan laser hidup yang pertama di dunia, memakai sel. Menulis dalam jurnal Nature Photonics, Malte Gather dan Seok-Hyun Andy Yun melaporkan bahwa mereka telah menciptakan laser dengan memakai protein-protein fluorescent (yang berpendar, berpijar). Bahan yang menyala-nyala dihasilkan oleh binatang-binatang laut seperti ubur-ubur Aequorea victoria, yang memakainya untuk membangkitkan suatu cahaya hijau cermerlang. "Kami sudah lazim dengan laser-laser seperti laser-laser penunjuk dan pembaca-pembaca barcode, dan sedemikian jauh laser-laser in semua telah dibuat dari bahan buatan manusia," kata Dr. Yun.
 
Dr. Gather dan Dr. Yun dengan sel-sel genetika yang diprogram menghasilkan protein-protein fluorescent (berpendar, berpijar) hijau. Mereka kemudian menaruh sel yang seperti itu dalam ruang dengan dua cermin kecil sekali  yang sejajar diluangkan tujuh sepersepuluh ribu inci, cukup besar untuk tepat memegang satu sel. Menggunakan suatu mikroskop, mereka menyingkapkan sel untuk mengukur cahaya biru. Waktu disingkapkan pada ukuran, protein-protein yang berpendar (berpijar) dalam sel-sel mulai memancarkan cahaya fluorescent (berpendar, berpijar) hijau.
 
Cahaya itu memantul bolak-balik antara cermin-cermin, membangkitkan suatu cahaya laser cemerlang yang tidak langsung . "Laser-laser, sampai sekarang dikira hanya sebagai benda-benda yang mati, bermanfaat dalam ilmu kedokteran, telekomunikasi dan penyimpanan data. Penemuan baru itu mungkin pada suatu hari menuju teknologi laser yang lebih berdayaguna (efisien) dan dapat dipercaya (dapat diandalkan) dengan menggunakan bahan-bahan biologis.
 
Sel-sel yang dipakai dalam studi ini tidak menjadi rusak dan, bila rusak, memiliki potensi untuk memperbarui sendiri, kata Dr. Gather. "Laser-laser mempunyai kecenderungan untuk mati," ia mengatakan. "Secara normal sangat sedikit yang anda bisa perbuat selain dari mengganti seluruh alat."
 
(selesai).
 
Sumber: Observasi harian setempat,
Selasa, 14 Juni 2011, diterjemahkan
secara bebas dan diberi beberapa
anotasi seperlunya.
 
Salam Historia!
Sumar.
 

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Find useful articles and helpful tips on living with Fibromyalgia. Visit the Fibromyalgia Zone today!

.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by