Advertise Box

[ KHI ] Mengadakan perjalanan menembus waktu dengan para bintang

 

Dalam beberapa hal, langit adalah suatu mesin waktu yang hebat di halaman belakang, dan mengadakan ke zaman-zaman yang jauh  adalah sama mudahnya seperti melangkah ke luar rumah dan memandang ke atas. Sekarang juga, kita mempunyai suatu kesempatan untuk mulai perjalanan kita menembus waktu dan ruang dengan salah satu kelompok  yang paling terkenal dari semua pengelompokan bintang di musim panas: Segitiga Musim Panas. Segitiga Musim Panas bukanlah suatu konstelasi: tiap-tiap tiga bintangnya - Vega, Deneb dan Altair - letaknya terpisah dari yang lain -. Dan, meskipun tiga bintang kelihatannya mempunyai kecemerlangan yang sama, mereka adalah tidak pada tingkat yang sama dari kita.
 
Altair letaknya kira-kira 96 trilyun mil (17 tahun-cahaya) dari kita. Cahayanya telah mengadakan perjalanan melalui angkasa selama 17 tahun. Hal ini  berarti foton-foton (foto + elektron), suatu kuantum energi elektro-magnetis,  yang kita lihat malam nanti telah mengadakan perjalanan melalui angkasa sejak tahun 1944. Vega letaknya 50 persen lebih jauh dari Altair - kira-kira 150 trilyun mil (25 tahun-cahaya) . Dan Deneb letaknya kira-kira 9,000 juta mil dari kita - sebegitu jauh sehingga kita melihatnya seperti terlihat dalam abad ke-enambelas. Cahaya yang meninggalkan bintang itu malam ini tidak akan datang satu setengah milenia lagi.
 
Dan sebagaimana cahaya bintang-bintang ini memerlukan waktu untuk mencapai Bumi, cahaya dari dunia kita memerlukan waktu untuk mencapai mereka. Jika para ahli astronomi yang mengorbit Vega mempunyai teleskop cukup kuat untuk melihat planit-planit kita, mereka akan dapat melihat kita seperti kalau kita dalam tahun 1986.
 
(selesai).
 
Sumber: Artikel Dennis Mammana,
harian setempat, Sabtu, 18 Juni
2011. diterjemahkan secara bebas,
dan diberi beberapa anotasi seper-
lunya.
 
Salam Historia!
Sumar.
 
 

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Find useful articles and helpful tips on living with Fibromyalgia. Visit the Fibromyalgia Zone today!

.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by