Advertise Box

[ KHI ] Histori yang diperluas: Penemuan peradaban awal. (1).

 

Yang paling inklusif dari semua ilmu sosial, sejarah, tidak mengalami perubahan-perubahan teoritis penting dalam perioda akhir abad kesembilanbelas dan awal abad keduapuluh.Adalah menjelang pertengahan abad itu bahwa penggalian-penggalian dimulai secara sungguh-sungguh dengan pekerjaan Austen Layard (1817-1894). Pekerjaannya di Nineveh dan Babilonia membuka era baru dalam permulaan penelitian sejarah.
 
Sekalipun demikian sejarah dalam perioda itu, terutama melalui disiplin tambahan Arkeologi,sedemikian diperluas jangkauannya dan perinciannya sehingga memberikan wawasan yang samasekali baru pada zaman itu. Sedikit demi sedikit cerita mengenai "prasejarah" yang lalu disingkapkan. Abad Batu, lama dan baru, disingkapkan dan rangkaian historis budayanya ditentukan. Sejarah harfiah peradaban-peradaban purbakala dari Mesir dan Mesopotamia mulai dibaca dari dokumen-dokumen mutakhir.
 
Lebih banyak lagi yang dipelajari dari sejarah peradaban-peradaban lain, India, Timur Jauh, dan seluruh benua baru. Pada waktu yang bersamaan ratusanribu fakta yang terperinci dari dokumen-dokumen atau penggalian-penggalian disesuaikan dengan sejarah-sejarah Eropa klasik, abad pertengahan dan moderen. Wawasan sejarah yang baru kini dapat memberikan, untuk pertama kali, kerangka peristiwa-peristiwa melalui mana masa kini tumbuh dari masa lalu.
 
Sekalipun begitu, tafsiran-tafsiran umum dari gambaran baru ini dilakukan hanya oleh sejarawan-sejarawan yang bertingkah-laku aneh (eccentric), seperti Buckle atau Winwood Reade. Para sejarawan profesional cenderung untuk mengkhususkan pada tempat-tempat dan perioda-perioda yang terbatas, dan membanggakan diri menulis sejarah "ditulis secara ilmiah" dengan sedikit tafsiran. Penulisan sejarah belum pernah sedemikian dibatasi."
 
Propagandis dan Sejarah ditulis secara ilmiah.
Semula sejarah ditulis untuk maksud propagandis dengan tidak merasa malu. Mula-mula ditujukan pada mengagungkan jasa-jasa Pahlawan-pahlawan dan Raja-raja, Kota-kota dan Tempat-tempat Ibadah. Kemudian, semua melalui kontroversi-kontroversi dari Renaissance sampai ke awal abad kesembilanbelas, merupakan jasa politis untuk memihak satu atau lainnya.
 
(bersambung).

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by