Advertise Box

[ KHI ] Histori yang diperluas .......... (2).

 

Pandangan yang kontras adalah sejarah sebagai suatu ilmiah dengan sejarah sebagai suatu seni, suatu wahana untuk menulis amat bagus dan cerita-cerita lucu. Hal ini memberi lebih banyak lapangan untuk rekonstruksi-rekonstruksi masa lalu karena sejarah-sejarah resmi menjadi lebih obyektif dan menjemukan. Sebagai akibatnya jurang penafsiran sejarah yang para sejarawan serius tidak berhasil mengisinya ditinggalkan pada para propagandis, pada orang-orang fanatik yang bebal,sampai yang benar-benar reaksioner dengan teori-teori ras dan pengabulan-pengabulan ramalan.
 
Dasar dari antropologi: Morgan dan Tylor.
Apa yang sejarah tidak berhasil lakukan - membuat orang-orang mengerti masyarakat di mana mereka hidup dengan melihat ke masa lalu - mungkin dapat dicapai oleh studi yang lebih segera tentang aneka ragam pola-pola sosial orang-orang dengan tingkat-tingkat budaya berbeda yang hidup dalam dunia yang sezaman.
 
Ilmu pengetahuan baru, antropologi, memang mempunyai permulaan yang menjanjikan dalam pertengahan abad kesembilanbelas, waktu studi-studi L.H. Morgan (1818-1881) dan E.B. Taylor (1832-1917) mengenai budaya-budaya penduduk aseli negeri ini dan lainnya, menyingkapkan struktur sosial rumpun-rumpun yang terdapat di banyak bagian dunia, dengan sistem hubungan yang rumit, seringkali diikuti jejaknya melalui ibu-ibu, tidak adanya milik pribadi, penjara-penjara, atau polisi.
 
Seperti itu, mereka membangkitkan, adalah di mana keadaan-keadaan yang lebih primitif dari peradaban Barat sendiri dan mereka memperlihatkan bagaimana mereka mirip dengan organisasi sosial Yunani atau Romawi.Adalah terlalu berbahaya bagi ahli-ahli antropologi akademis dan penganjur-penganjur dan pedagang-pedagang yang merupakan informan-informan utama mereka dari lapangan, karena membentur dasar dari pemerintah, ahlakiah, dan milik mereka.
 
Daripada pendekatan historis yang demikian tendensius, adalah lebih aman untuk mengikuti metoda-metoda perbandingan dari Frazer (1854-1941) atau Westermarck (1862-1939), untuk mengumpulkan obyek-obyek seni dan folklore (dongeng-dongeng, cerita-cerita rakyat), dan mencari asal-muasal ras dengan mengukur tengkorak-tengkorak.Dengan komunikasi-komunikasi yang bertambah baik dan dorongan yang diperbarui untuk eksploitasi membahayakan yang memberi ciri kepada akhir abad kesembilanbelas, kontak-kontak dengan penduduk aseli dilipatgandakan.
 
Kendatipun sebagian besar menyebabkan eksploitasi atau eksterminasi (pemusnahan),terdapat kesempatan yang jauh lebih besar pula untuk mempelajari adat-istiadat dan kepercayaan mereka. Studi-studi  serius yang pertama dalam bidang antropologi adalah yang dilaksanakan oleh Miclucho-Maklai (1846-1888) ke PNG dalam tahun 1898-1899 dimana A.C. Haddorn (1855-1940) dan W.H.R. Rivers (1864-1922) mengambil bagian.
 
Tetapi sekali lagi dalam observasi-observasi secara langsung ini, sementara pola organisasi rumpun oleh Morgan dan Taylor ditegaskan, mereka tidak didesak selain dari pemberian interpretasi-interpretasi psikologis, dan segi-segi ekonomi mereka terlupakan.
 
Sosiologi.
 
 
(bersambung).
 
Demikian itu, mereka
 
 

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
MARKETPLACE

Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by