Advertise Box

[ KHI ] Buku Kisah Perjalanan Antik (2).

 

Bagaimana dengan perjalanan abad ke-14 itu sendiri? Messer Nicolo, yang pernah menjabat sebagai menteri maritim pada tahun 1533, adalah seorang pedagang yang gelisah resah mencari kesempatan-kesempatan baru.  Barangkali ia berumur dalam pertengahan-50 tahun waktu ia bertolak ke Laut Flander, Belgia, dan kendatipun ia membiayai perjalanan itu sendiri, selama beberapa perioda ia mengadakan perjalanan dalam dinas Pangeran Zichmni yang enigmatis dan tentara swastanya. Waktu Messer Nicolo menghilang dari cerita, Antonio, saudara kandungnya, yang lebih elusif (sukar untuk dipahami) mengambil alih pimpinan, menggantikan abangnya sebagai komandan armada Zichmni di Frislanda (Belanda), yang di Robilant, sang pengarang buku ini, perhitungkan adalah kepulauan Faroe. Para kelasi membongkar sauh untuk Engroneland (Greenland) dan tempat-tempat tujuan lain pada jalur perdagangan Viking.
 
Puncak cerita meliputi deskripsi (gambaran) Antonio tentang seorang nelayan yang "kembali ke Frislandia setelah bertahun-tahun membuang waktu di negeri-negeri yang kaya dan subur di seberang samudera" - di Amut, dengan kata lain. Kesan adanya suatu perkampungan pra-Columbus di daerah pesisir sebelah timur sesudah itu membangkitkan sedemikian banyak kontroversi (pertentangan) sehingga di Robilant, sang pengarang buku ini, menyampaikan cerita itu sepenuhnya dalam terjemahannya sendiri. Mengenai Zichmni, di Robilant, sang pengarang buku ini, mengemukakan teori - bukan baru - bahwa ia (nelayan itu) mungkin adalah Henry Sinclair, Pangeran dari Orkney dan Pangeran dari Roslyn. (Cucu Sinclair membangun kapel (tempat beribadah)  di Midlothian, Skotlandia, suatu lokasi kunci dalam novela Dan Brown "Sandi Da Vinci.")
 
Pokok persoalan buku di Robilant, sang pengarang, adalah jelas tidak dapat diandalkan -  suatu halangan  tiba-tiba yang bukan tidak berarti (sepele, remeh) dalam suatu karya sejarah. Zen Yang Muda hanya mempunyai lima surat dan suatu peta untuk melanjutkan cerita sang pengarang ini, dan sekalipun demikian lima surat dan suatu peta tadi sangat rusak. Apakah ia memperhitungkan kemungkinan semua dapat dipercaya? Bukunya telah diisi dengan kontroversi selama berabad-abad, tetapi waktu seorang Denmark ahli ilmu bumi abad ke-19, mencap Zen Yang Muda sebagai betul-betul seorang pembohong, reputasinya (namanya) jatuh terguling-guling ke dalam kemunduran yang lama.Di Robilant, sang pengarang buku ini, berusaha keras  untuk menyelamatkan orang ini (Zen Yang Muda).
 
(bersambung).

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by