Advertise Box

[ KHI ] Bahasa Sumeria (1)

 

Bahasa Sumeria adalah suatu bahasa yang agglutinatif  (bersifat melekatkan atau merekatkan), bukan suatu bahasa yang berinfleksi (mengubah) seperti bahasa Eropa atau bahasa Semitis. Akar-akarnya, pada umumnya, adalah tanpa terkecuali (selalu). Kesatuan tatabahasa dasarnya adalah kompleks kata-kata daripada kata-kata tersendiri. Partikel-partikel  tatabahasanya cenderung untuk tetap menguasai struktur independennya daripada melepaskan diri  dari akar-akar kata yang dicantelkan. Dalam struktur, oleh karena itu, bahasa Sumeria menyerupai (mirip) tidak sedikit dengan bahasa-bahasa agglutinatif  seperti bahasa Turki, bahasa Hongaria, dan beberapa dari bahasa-bahasa Kaukasia.
 
Bahasa Sumeria memiliki enam huruf hidup (vokal): tiga vokal terbuka, a. e. o, dan tiga vokal yang bersamaan, a.dengan tanda garis di atasnya, e dengan tanda garis di atasnya, dan u. Huruf-huruf hidup tidak mencolok jelasnya dan sering-sering (seringkali) membatasi sesuai dengan (menurut) hukum  keselarasan (keserasian, kecocokan, kesesuaian) huruf hidup. Hal ini terutama (teristimewa) benar mengenai huruf-huruf hidup dalam partikel-partikel tatabahasa, yang adalah singkat dan tidak diberi tekanan. Pada akhir suatu kata, atau antara dua konsonan (huruf mati), hal itu sering dielakkan (dihindarkan) .
 
Bahasa Sumeria memiliki lima belas huruf mati (konsonan):  b, p, t, d, g (keras), k, z, s, sh, ch (seperti dalam bahasa Skotlandia: loch), r, l, m, n, dan g (seperti ng dalam bahasa Inggeris: lung). Konsonan-konsonan adalah keliru; tidak diucapkan pada akhir suatu kata terkecuali diikuti oleh suatu partikel tatabahasa yang diikuti oleh huruf hidup. Akar-akar bahasa Sumeria adalah bersuku kata satu dalam sebagian besar, meskipun terdapat banyak sekali bersuku kata banyak. Reduplikasi (penggandaan, pengulangan) akar-akar dipakai untuk menunjukkan pluralitas (jumlah terbanyak) benda (obyek, barang) atau tindakan-tindakan (aksi-aksi).
 
(bersambung).

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by