Advertise Box

[ KHI ] Analisis Yunani Tentang Masyarakat. (2).

 

Pandangan tentang perbedaan masyarakat di luar dunia mereka, bagaimanapun, menurut sang pengarang, memberikan pada bangsa Yunani suatu keobyektifan yang bangsa-bangsa lain mungkin tidak punya. Sumbangan utama bangsa Yunani pada ilmu sosial adalah adalah kesuksesan mereka dalam abstraksi (keniskalan, pemisahan), dalam menemukan kata-kata untuk menyatakan unsur-unsur umum dalam bermacam-macam situasi tanpa selalu harus  menunjuk pada kejadian-kejadian khusus.
 
Meskipun begitu, seperti dalam kasus ilmu-ilmu jasmaniah, menurut sang pengarang, setiap upaya yang serius untuk merumuskan suatu studi ilmiah mengenai masyarakat untuk selanjutnya harus berasal dari sumber-sumber Yunani. Dalam sejarah ilmu-ilmu sosial, suatu tugas utama adalah mematahkan rantai-rantai konformis yang diabadikan dalam karya Plato dan Aristoteles, suatu tugas yang mengambil waktu lebih lama dalam ilmu-ilmu sosial daripada ilmu-ilmu alamiah dan yang masih belum lengkap.
 
Hukum Romawi.
Hukum Romawi, kendati semua kekhayalan dalam ilmu alamiah, memiliki lebih banyak pengetahuan ilmu sosial yang praktis. Pengetahuan itu dinyatakan tidak begitu banyak dalam filsafat tetapi lebih banyak dalam hukum.  Hukum Romawi merupakan kodifikasi (penyusunan undang-undang menurut suatu sistem) yang paling lengkap. Dalam Hukum Romawi, hak milik adalah yang terpenting. Meskipun demikian, Hukum Romawi merupakan tatacara hubungan sosial yang baik.
 
Hukum Romawi tidak hidup lama sebagai suatu kitab undang-undang yang berjalan dan menjadi huruf mati dalam zaman barbarian itu. Namun, Hukum Romawi tetap merupakan selama berabad-abad kerangka di mana yang terpelajar dapat melihat masyarakat secara rasional. Studi hukum merupakan salah satu cara di mana sifat masyarakat ditemukan kembali setelah Abad-abad Kegelapan.
 
(selesai).
 
Sumber: Science in History, J.D. Bernal,
1954, diterjemahkan secara bebas, dan
dipersingkat serta diberi beberapa anotasi
seperlunya.
 
Salam Historia!
Sumar.

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
MARKETPLACE

Find useful articles and helpful tips on living with Fibromyalgia. Visit the Fibromyalgia Zone today!


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by