Advertise Box

[ KHI ] Analisis Yunani Tentang Masyarakat. (1),

 

Seperti dalam bidang-bidang pemikiran lain, adalah bangsa Yunani yang menghasilkan presentasi analitis dan logis pertama dari ilmu-ilmu sosial. Sesungguhnya kita menerima dari mereka seluruh terminolog: etika, ekonomi, politik, dan histori sendiri adalah semua istilah-istilah Yunani. Perdebatan-perdebatan, revolusi-revolusi, peperangan-peperangan negara-negara kota Yunani semuanya berkisar pada masalah-masalah sosial, di mana pembagian kelas adalah yang paling terkemuka. Bagi bangsa Yunani, manusia adalah terutama seorang warganegara - zoon politicon, binatang politik dari Aristoteles - meskipun rumpun-rumpun yang lebih primitif tidak berkelas berada di bawah permukaan.
 
Masalah pemerintahan kota menguasai ilmu sosial, sesungguhnya menyebabkan observasi-observasi sistematis pertama di bidang ini, seperti pengumpulan dan pembandingan oleh Aristoteles dan pekerja-pekerja penelitian konstitusi 158 kota. Tujuan Aristoteles, tidak dapat dicapai  sebab terlalu rumit, adalah untuk menemukan suatu sistem yang harus dapat memberikan keselarasan sosial, sementara itu tidak meninggalkan hak-hak istimewa kalangan yang berkelas. Ini adalah memang maksud doktrinnya yang ekstrem.
 
Lagi pula, bangsa Yunani tidak dibatasi untuk membandingkan salah satu kota mereka sendiri dengan yang lain: mereka juga melakukan perjalanan dan perdagangan dengan orang-orang dari banyak organisasi sosial yang berbeda kelasnya, dari rumpun-rumpun primitif sampai ke imperium-imperium di Timur yang sangat terorganisasi. (Herodotus adalah bapak antropologi maupun histori). Meskipun demikian, seperti Inggeris pada zaman mereka, bangsa Yunani mempunyai rasa superioritas alami dari negara-negara kota mereka: lain-lainnya adalah hanya orang-orang yang biadab (barbar), orang-orang yang mengatakan ba-ba dan bahkan tidak dapat berbicara yang pantas, dan di mana kebiasaan-kebiasaannya harus dihindari, bukannya ditiru.
 
(bersambung).

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by