Advertise Box

Re: [ KHI ] Suatu perjalanan ke bulan pada abad ke-16.

 

Ijin share di milis group saya bolehkah...??? Tnx.

Salam Historia,
Yudhi S. Purana

--- On Sun, 6/12/11, Sumarsongko Sastrowardoyo <sastro@optonline.net> wrote:

From: Sumarsongko Sastrowardoyo <sastro@optonline.net>
Subject: [ KHI ] Suatu perjalanan ke bulan pada abad ke-16.
To: komunitashistoria@yahoogroups.com
Date: Sunday, June 12, 2011, 6:45 AM

 

Wan Hu adalah seorang pejabat kecil dalam dinasti Ming dan, menurut legenda, ingin sekali mengadakan perjalanan ke bulan. Sudah tentu, ini adalah tidak mungkin pada zaman itu, tetapi Wan Hu percaya bahwa teknologi roket dan petasan-petasan (mercun-mercun) Tiongkok merupakan kuncinya untuk mencapai impiannya. Demikian maka pada suatu malam, sementara bersinar di atas Tiongkok abad ke-enambelas, Wan Hu mengikat dirinya sendiri pada sebuah kursi khusus dengan 47 roket bambu yang diisi dengan 47 bubuk mesiu yang dipasang pada kursinya. 47 orang pembantunya menyalakan sumbu-sumbu (murang-murang) dan berlari-larian penuh ketakutan untuk menyelamatkan hidup mereka.
 
Dalam beberapa sekon, suara meraung menyobek udara dan suatu cahaya menerangi alam sekitarnya. Waktu asap bersih, para pembantunya mengintip sejenak. Wan Hu telah pergi! Dan ia tidak pernah terlihat ataupun terdengar lagi. Legenda mengatakan bahwa Wan Hu malam itu berhasil ke bulan  dan kita masih dapat melihat dia di sana, duduk di atas kursi yang sama dan membaca sebuah buku. Minggu ini, bila anda melihat bulan yang cemerlang di langit setelah gelap, lihatlah bulan itu dengan hati-hati. Bagian-bagian yang gelap menonjolkan apa yang dikenal oleh para ilmu pengetahuan moderen sebagai "mare" atau "laut-laut" - dataran-daratan magma yang menjadi padat. Tetapi beberapa juga mengikuti garis bentuk penjelajah Tionghwa yang pemberani.
 
Adalah dalam bagian yang memperlihatkan garis bentuk perut Wan Hu bahwa para astronot yang pertama benar-benar mendarat pada permukaan bulan 42 tahun berselang - dalam bagian yang dikenal sebagai Laut Ketenangan. Waktu bulan melayang melalui langit kita dari malam ke malam dan dari bulan ke bulan, garis antara terang dan gelap - "terminator" (yang mengakhiri) - berpindah tempat melewati permukaan bulan saat sudut cahaya matahari padanya berubah. Tetapi Wan Hu akan tetap merupakan suatu peringatan bahwa orang bahkan ratusan tahun yang lalu bermimpi mengadakan perjalanan ke bulan, planit-planit dan bintang-bintang.
 
(selesai).
 
Sumber: Newsday, Long Island, Sabtu,
11 Juni 2011, diterjemahkan secara bebas
dan diberi beberapa anotasi seperlunya.
 
Salam Historia!
Sumar.

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by