Advertise Box

[ KHI ] Pertanian dan Peradaban. (1).

 

Tulisan ini meliputi perioda-perioda yang biasanya dikenal sebagai neolithic atau Abad Batu Baru - perioda peradaban sungai purbakala Mesir, Mesopotamia, India, dan Tiongkok. Kira-kira 10,000 tahun yang lalu di sana mulai suatu revolusi produksi pangan yang merubah seluruh bahan dan cara kehidupan manusia. Hal ini terutama, akibat dari krisis dalam ekonomi pemburuan. Kesukaran-kesukaran manusia yang harus dihadapi pada waktu itu menimbulkan suatu pencarian yang intensif untuk yang baru maupun yang lama dan memandang rendah macam-macam pangan, seperti akar-akar dan biji-biji rumput-rumput liar.
 
Pencarian ini menyebabkan timbulnya penemuan teknik pertanian,  yang bersama dengan penggunaan api dan tenaga merupakan salah satu dari tiga penemuan yang paling penting dalam sejarah manusia .Seperti semua transformasi besar, penemuan-penemuan ini bukan suatu perbuatan tunggal, tetapi pengumpulan penemuan-penemuan selangkah demi selangkah yang berpautan satu sama lain. Pada pokoknya penemuan-penemuan ini merupakan suatu transformasi masyarakat dari eksploitasi lingkungan hidup kepada penguasaan masyarakat, langkah pertama dalam pencapaian suatu ekonomi yang produktif sepenuhnya.
 
Asal mula pertanian.
Asal mula pertanian yang tepat bersifat terkaan dan barangkali tetap lama bersifat demikian. Terbatasnya tanam-tanaman dan binatang-binatang yang dipakai dalam pertanian - rumput-rumput yang dapat dimakan, ternak yang bertanduk - menunjukkan timbulnya dalam daerah-daerah terbatas dalam waktu yang pasti, barangkali di Timur Tengah.
 
(bersambung).
 
 

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by